CSWI Surabaya Gelar Kejuaraan Terbuka

CSWI Surabaya Gelar Kejuaraan Terbuka

Para dewan juri saat TM di Laves tadi sore-Gusti Ayu-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Sasana Citra Satria Wushu Indonesia (CSWI) Surabaya menggelar Laves (Lagoon Avenue Sungkono) Wushu Championship 2022. Acara itu berlangsung tiga hari. Sejak hari ini hingga Minggu (16/10) besok. 

Tadi sore, para peserta mengikuti uji coba lapangan. Setelahnya berlanjut dengan Technical Meeting (TM). Mereka akan mulai turun gelanggang besok. 

Total 325 atlet yang bakal bertanding. Ada yang mewakili sasana, ada juga yang mendaftar secara individu. Seluruh pertandingan akan melibatkan delapan juri dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Dan tercatat sebanyak 106 materi lomba untuk semua kelas. Mulai kategori A, B, C, D hingga senior. Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam.

"Lama karena banyak pesertanya, dan kita harus selesaikan dalam dua hari," jelas salah satu pendiri CSWI, Isidorus Sukarno yang juga selaku panitia acara. Nomor lomba yang paling banyak peminat ialah nomor Wu Bu Quan dan Chang Quan kelas junior C dan D.

Hal itu pula yang mengharuskan panitia memanggil dua peserta sekaligus di setiap nomor Wu Bu Quan dan Chang Quan. Tentu itu dilakukan demi efisiensi.

Pendiri CSWI lainnya, Matius Joko Wahyono mengatakan, jumlah medali yang diperebutkan sudah ditentukan. Yakni medali emas 20 persen, perak 30 persen, dan perunggu 50 persen. Artinya, itu dikalikan dengan jumlah peserta. "Nah setiap peserta kan ada yang ikut dua nomor, nanti kita hitung," ujarnya.

Pada TM yang berlangsung tadi sore, ada beberapa poin yang dibahas. Salah satunya, kondisi atap area tanding yang pendek. Antara panitia, juri, dan peserta sepakat bahwa pada gerakan lempar tombak yang tidak bisa dilakukan secara sempurna, maka saat senjata jatuh tidak dikenai pengurangan poin. 

Sistem penilaian masih menggunakan aturan umum. Baik mengenai ketentuan kostum hingga ukuran senjata. Kompetisi yang dibuka untuk atlet usia 8-35 tahun ini, dilaksanakan di lantai G Lagoon Avenue Mall Sungkono, tepat di depan titik drop off.

Areanya sangat terbuka, berada di antara pintu masuk utama dan air mancur. Hingga pukul 18.57 malam tadi, sejumlah atlet masih bergiliran menjajal area merah berukuran 8x14 meter itu. (Gusti Ayu Y. D/Mohamad Nur Khotib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: