New Zealand Perkuat Kerja Sama di Jatim

New Zealand Perkuat Kerja Sama di Jatim

DUTA BESAR Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett (dua dari kanan) saat mengobrol dengan Konsul Kehormatan New Zealand di Surabaya Harry Sunogo (dua dari kiri) di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu, 19 Oktober 2022.-Salman Muhiddin-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett menyatakan keinginan negaranya untuk memperkuat kerja sama dengan Jawa Timur. Keran perdagangan dan pintu masuk ke negaranya dibuka total sejak akhir Juli lalu.

"Pandemi sudah mereda, kita harus memperkuat kerja sama yang sempat tersendat dua tahun terakhir," kata Kevin kepada Harian Disway dalam acara welcome dinner di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu malam, 19 Oktober 2022. Sejumlah tamu undangan hadir mewakili Pemprov Jatim, Kadin Jatim, dan para alumni universitas di Selandia Baru yang tinggal di Surabaya.

Nilai perdagangan Selandia Baru dengan Jatim tergolong yang paling tinggi di Indonesia. Tahun lalu impor yang masuk ke Jatim mencapai USD 141,69 juta. Sedangkan ekspor Jatim mencapai USD 93,4 juta.

Calon mahasiswa dan wisatawan dari Jatim juga diharapkan bisa datang ke Selandia Baru. Selama dua tahun pandemi, negara tersebut menerapkan pembatasan ketat untuk melindungi 5 juta warganya. "Tidak ada syarat khusus untuk calon mahasiswa dan wisatawan yang masuk ke Selandia Baru. Sekarang sudah bebas," ujarnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: