Mengapa WhatsApp Error?

Mengapa WhatsApp Error?

Ilustrasi whatsapp down, pengguna beralih ke telegram-Pixabay/ AzamKamolov-Pixabay/ AzamKamolov

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Aplikasi WhatsApp eror sejak 14.10, Selasa 25 Oktober 2022. Seluruh dunia ribut.

Dilansir dari aplikasi navigasi Down Detector, pada pukul 14.38 siang tercatat ada 7.946 laporan yang masuk mengenai gangguan itu. Kiriman pengguna cuma centang satu. Selanjutnya, gangguan merembet ke fitur story yang tidak bisa dipakai.

Kejadian ini sampai jadi trending topic 1 dunia di Twitter. WhatsApp mulai pulih 15.08 sore. Komunikasi bisa dilanjutkan.

Perusahaan induk WhatsApp, Meta, menjelaskan penyebab trobel itu.  

“Permasalah ini terjadi karena kesalahan teknis dan sekarang sudah beres,” ucap juru bicara Meta, seperi dikutip dari indianaexpress.com. Sayangnya Meta tak mau buka-bukaan soal kendala teknis tersebut.

Problem tersebut menunjukkan betapa tergantungnya dunia ke WhatsApp. Pedagang online, hingga pekerja kantoran kelabakan selama dua jam.

Maklum, menurut Statista jumlah pengguna WhatsApp di sudah tembus 2 miliar. Lebih dari seperempat warga dunia pakai aplikasi yang dirilis perdana pada Januari 2009 itu.

Di posisi kedua ada Weixin atau WeChat yang umum digunakan di Tiongkok. Aplikasi bikinan Tencent itu dipakai 1,26 miliar jiwa. Facebook Messenger ada di posisi  ketiga dengan total 988 juta pengguna aktif.

Saat WhatsApp bermasalah pengguna dari Indonesia beralih ke Telegram. Masalahnya, tidak semua orang punya aplikasi itu. Jadi, komunikasi banyak terhambat. (Mohamad Noor Andryana)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: