Ancaman Bom Konser NCT Bikin Aman

Ancaman Bom Konser NCT Bikin Aman

-Ilustrasi: Reza Alfian Maulana-Harian Disway-

Pengebom umumnya langsung action. Tapi, ancaman bom di konser boyband Korsel, NCT 127, di ICE BSD, Tangerang, diperiksa polisi. Lalu, dinyatakan aman. Konser digelar.

POLRI menanggapi. Dikerahkan tim jibom. Densus 88 Antiteror. Dilengkapi Unit K-9, anjing pelacak bom. Menyisir seluruh area.

Tapi, sebentar saja. Segera dinyatakan aman. Konser boleh digelar, Jumat malam, 4 November 2022. Diimbau, penonton jangan panik. Tenang saja.

Kunci ketenangan polisi ada pada model ancaman. Brikut ini bentuknya. 

Jumat siang, 4 November 2022, viral di Twitter. Pemilik akun Ryuchalis mengunggah ancaman. Berupa foto kertas cokelat kumal, tulisan tangan. Ada empat surat. Isinya (tanpa edit) ini: 

1) ”Tolong Saya dan Keluarga Saya. ICE BSD 4 NOVEMBER 2022. S.O.S, 11 Orang, 3 Mobil TNT dan TATP”.

2) ”Akan dimulai pada pukul 03.00 WIB, mobil datang pada pukul 03.WIB dan eksekusi dimulai pukul 06.00 WIB. Bom akan dilapisi kain merah, putih, hitam. Mereka akan memakai pakaian hitam putih dan masuk ke dalam kerumunan. Tolong saya dan keluarga.” 

3) ”Kepada siapa pun yang menemukan surat ini tolong hentikan aksi biadab yang akan dilaksanakan pada 4 November 2022 di ICE BSD dan acara akhir tahun di gelora Bung Karno!!!”

4) ”Saya dan keluarga saya dipaksa untuk mengikuti aksi ini oleh sekelompok orang yang bergabung suatu organisasi. Terdapat ratusan gram bahan peledak berjenis TNT dan TATP siap pakai. Saya mohon kepada siapa pun yang menemukan surat ini untuk hentikan aksi ini, saya mohon selamatkan keluarga saya.” 

Kata si pengunggah surat, itu bukan miliknya. Ia mengaku nemu di suatu tempat. 

Dari isi surat, bisa disimpulkan, penulis dan keluarga dipaksa teroris ikut ngebom. Ia tidak niat ngebom. Buktinya, ia minta tolong. Berarti, ia ikut rombongan pengebom 11 orang, 3 mobil.

Tapi, ia minta tolong diselamatkan. Artinya, ia berharap ada polisi mencegat tiga mobil itu di pintu masuk. Lalu, membebaskan ia dan keluarga dari kelompok teroris.

Nah, kalau ia tidak niat ngebom, mengapa berontak, lalu lapor polisi? Juga, tidak disebut pelat nomor tiga kendaraan pembawa bom. Kan, bisa saja ia ngawur, memberikan nomor mobil sembarangan.

Tentang jenis bom. TNT. Dikutip dari Britannica, TNT (trinitrotoluene) berbahan senyawa nitrogen organik padat berwarna kuning pucat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: