Sepatu juga Butuh Treatment, loh…

Sepatu juga Butuh Treatment, loh…

Ikmal Hasyim berbicara di depan peserta workshop shoecare.-Nadine Churnia Putri-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Meskipun letaknya di bawah dan selalu terinjak, tetapi sepatu sejatinya juga butuh perawatan. Itulah yang ditekankan dalam acara Gentleman’s World Pakuwon Mall, Kamis, 3 November 2022.

 

Acara tersebut diselenggarakan selama 5 hari. Penyelenggaraannya bekerja sama dengan Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI).

 

Di hari itu, yang dihadirkan adalah Ikmal Hasyim, pemuda Sidoarjo yang berkecimpung di dunia shoes painting dan cuci sepatu di Surabaya. Ia memandegani workshop shoecare yang diikuti 10 peserta.

 

Ikmal pun langsung mempraktikkan cara membersihkan sepatu secara benar. Misalnya, pada bagian outsole. Kita bisa menggunakan sikat dan sabun. Sabunnya pun cukup lima tetes. Campur dengan air. Jika nodanya bandel, sabun bisa dituangkan langsung pada sikat yang sudah dibasahi sebelumnya.

 

Tetapi, semuanya butuh kecermatan. Perhatikan bahan dan warna sepatu. Sebab, ada beberapa sepatu yang harus dibersihkan secara khusus. ’’Selain warna putih, cara membersihkannya masih normal semua. Tetapi, yang putih ada treatment khusus,’’ ucap Ikmal.

 

Biasanya, jasa laundry sepatu membedakan antara white clean dan white care. “Kalau deep clean, biasanya untuk semua sepatu kecuali sepatu kulit dan sepatu warna putih,” jelas Ikmal.

 

Treatment untuk sepatu kulit dan sepatu putih ada dua macam. Yaitu white care dan leather care. White care bertujuan untuk memutihkan sepatu yang sudah kotor banget dan menjamur. 

 

Yang juga harus diperhatikan adalah cara menyikat outsole. Ikuti corak sole sepatu. Jika dirasa sudah bersih, keringkan pakai handuk, lalu finishing. Ini adalah tahap pembersihan dengan sikat yang lebih kecil untuk membersihkan sela-sela sole sepatu.

 

Selanjutnya adalah tahap pembersihan suede menggunakan sikat karet untuk mengangkat kotoran yang menempel.

 

Kesalahan yang kerap dilakukan adalah merendam seluruh sepatu. Sepatu hanya boleh direndam kalau sudah benar-benar bau. Yang direndam pun hanya setengah upper. Sebab, jika midsole dan outsole terkena air, lemnya akan mengelupas. 

 

Pembersihan sepatu secara benar tidak hanya membuat alas kaki itu menjadi cling. Tetapi juga awet, bisa dipakai dalam jangka waktu lama. (Anggun Nur Ciptaningsih)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: