Leila S. Chudori Tak Percaya Novelnya Terlaris Tahun Ini

Leila S. Chudori Tak Percaya Novelnya Terlaris Tahun Ini

--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ditulis pada 2017, novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori mendapatkan penghargaan tertinggi IKAPI Awards kategori Book of the Year alias terlaris tahun ini.

Laut Bercerita adalah novel Leila yang menggambarkan dengan detail kisah sejarah penghilangan paksa dan pembungkaman mahasiswa di masa Orde Baru. Untuk itu, ia melakukan wawancara dengan para aktivis yang diculik dan selamat, seperti Nezar Patria, Mugiyanto, Budiman Sudjatmiko, hingga Rahardjo Waluyo Djati.

Cetakan pertama Laut Bercerita itu diluncurkan pada 2017. Hingga tahun ini dicetak ulang hingga ke-53 kali. Itulah mengapa novel Leila itu menerima penghargaan sebagai Book of the Year.

Menerima penghargaan itu, Leila benar-benar tak menyangka. Setelah penghargaan itu diterimanya saat dalam pembukaan Indonesia International Book Fair di Jakarta Convention Center, Rabu, 9 November 2022, dia mengungkapkan perasaannya.

”Saya enggak nyangka bisa dapat penghargaan Book Of The Year, tapi saya menebaknya mungkin karena penjualan Laut Bercerita tinggi sekali dalam satu tahun terakhir ini,” kata wartawan senior Tempo ini. 

Setelah kemenangannya ini, Leila belum berencana melanjutkan ataupun menciptakan buku terusannya. Namun, ia membagikan informasi soal projeknya dalam waktu dekat. Ia akan meluncurkan sebuah prekuel dari novel sebelumnya, Pulang, dengan judul Namaku Alam. Di prekuel ini, Leila akan akan mengangkat salah satu karakter pada novel Pulang bernama Alam.

Editor Senior Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Christina M Udiani mengatakan, buku Laut Bercerita saat ini sudah memasuki cetakan ke-53. Selama sepuluh bulan terakhir sejak awal tahun ini, Laut Bercerita telah terjual sebanyak 130 ribu eksemplar.

Begitu juga versi hardcover dari Laut Bercerita. Laris dan sudah terjual sebanyak 12 ribu eksemplar dan sudah memasuki cetakan ke-3. Menurut Christina itu sS=ungguh luar biasa untuk buku yang baru dicetak pada akhir Agustus lalu. ”Belum ada satu buku yang bisa mencapai kemajuan segitu dan tahun ini jadi salah satu puncak penjualan yang tertinggi.” ucap Christina.

Versi hardcover yang diluncurkan pada 30 Agustus 2022 secara online lalu, menjadi perbincangan di kalangan anak muda pencinta buku fiksi, yang membuatnya terjual dengan cepat di masa prapesannya. 

Melihat antusiasme ini Christina mengatakan bahwa versi hardcover dari Laut Bercerita akan terus dicetak. Namun ada perbedaan dari cetakan sebelumnya. Cetakan hardcover edisi selanjutnya tidak disertai dengan photocard yang sebelumnya ada pada cetakan yang dirilis secara pre-order. (het)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: