Topi Frigia dan Revolusi Prancis Jadi Maskot Olimpiade Paris 2024

Topi Frigia dan Revolusi Prancis Jadi Maskot Olimpiade Paris 2024

Phryge menjadi maskot Olimpiade Paris 2024. Phryge merupakan maskot berbentuk topi Frigia--Reuters

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung kurang dari dua tahun lagi. Pada Senin (14/11) waktu setempat, Paris Organising Committee for the 2024 Olympic and Paralympic Games (COJO2024) merilis maskot untuk multi event empat tahunan itu. maskot tersebut bernama Phryge.

 

Ia merupakan maskot berbentuk topi Frigia, yang merupakan simbol dari Revolusi Prancis. Phryge berwana merah, menggunakan sepatu, dan memiliki pita dengan warna bendera Prancis.

 

Untuk maskot Paralimpiade Paris 2024, Phryge menggunakan satu kaki prostetik dan menggunakan sepatu kets merah. Sedangkan Phryge untuk Olimpiade Paris 2024 menggunakan sepasang sepatu kets berwarna biru.

 

Phryge bertujuan untuk menunjukkan olahraga bisa mengubah segalanya. Olahraga itu layak mendapat tempat yang lebih di masyarakat. Kami hampir siap untuk tidak membuat maskot jika kami tidak menemukan alasan dan pesan yang disampaikan,” ujar Julie Matikhine, Direktur Merk Pris 2024 dilansir melalui Reuters.

 

Matikhine menjelaskan bahwa maskot harus mewujudkan semangat dari Prancis dan sesuatu yang harus bagus untuk dipahami. “Ini adalah cita-cita, semacam keyakinan yang membawa nilai-nilai negara kami, dan telah dibangun dari waktu ke waktu sepanjang sejarah,” lanjutnya.

 

COJO2024 sendiri memang memiliki opsi tersendiri. Mereka tidak menggunakan hewan sebagai maskot. Sebanyak 2/3 dari maskot Olimpiade, baik musim dingin dan musim panas, menggunakan makluk hidup. maskot Olimpiade pertama yang bukan makluk hidup adalah Schuss, yang merupakan maskot Olimpiade Musim Dingin Grenoble 1968.

 

Untuk maskot Olimpiade Tokyo 2020 adalag Miraitowa, yang merupakan robot. maskot tersebut dirancang oleh Ryo Taniguchi. Kemudian Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 menggunakan panda sebagai maskot bernama Bing Dwen-Dwen.

 

Phryge dirancang oleh agensi kreatif W dan tim desain Paris 2024. Sehari setelah peluncuran resmi, Phryge bisa didapatkan di outlet mitra Paris 2024, supermarket, dan berbagai toko mainan. COJO2024 akan membuka toko ofisial pertama pada Senin (14/11) di Les Halles, Prancis. Untuk boneka Phryge ukuran 24cm dijual seharga 26 Euro (Rp415 ribu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: