Menteri Agama Resmikan Gedung Baru UINSA Kampus Gunung Anyar

Menteri Agama Resmikan Gedung Baru UINSA Kampus Gunung Anyar

MENTERI AGAMA Yaqut Cholil Qoumas menandatangani prasasti peresmian kampus baru UINSA Surabaya di Gunung Anyar, disaksikan Rektor Akh. Muzakki.-istimewa-Ahmad Zainul Hamdi

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Di tengah kesibukannya yang luar biasa, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan gedung baru UINSA Surabaya, Senin, 14 November 22. 

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol digital yang sudah disiapkan panitia. Acara yang digelar secara mewah di ruang amfiteater kampus Gunung Anyar itu diakhiri dengan doa yang dipimpin Rais Aam PBNU KH Miftahul Ahyar. 

Dalam laporannya, Rektor UINSA Akh. Muzakki menjelaskan bahwa kampus yang didanai melalui skema SBSN (surat berharga syariah negara) itu menelan biaya hampir Rp 600 miliar. Biaya tersebut belum termasuk peralatan berbagai laboratorium canggih saintek yang juga menelan biaya miliaran rupiah.

Kampus yang menempati lahan seluas 3 hektare dan berlokasi di Kelurahan Gunung Anyar, Surabaya, itu memang terlihat sangat megah. Bangunan yang dirancang sebagai smart campus tersebut tampak depan seperti menara kembar (twin towers). ”Itu melambangkan integrasi sains dan agama,” ungkap Akh. Muzakki. 

Sedianya acara grand launching dilaksanakan sebelum kampus itu digunakan. Namun, karena kesibukan menteri agama, peresmian baru bisa dilaksanakan di pertengahan semester.

Saat ini gedung UINSA kampus Gunung Anyar ditempati fakultas saintek, fakultas adab dan humaniora, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, serta fakultas psikologi dan kesehatan.

Sebagai penunjang aktivitas belajar, kampus itu dilengkapi beberapa laboratorium canggih, perpustakaan dengan koleksi yang terdigitalisasi, auditorium sekelas studio XXI, dan berbagai fasilitas pendukung lain yang seluruhnya terintegrasi. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: