Sukses G20, Jokowi Incar Olimpiade 2036

Sukses G20, Jokowi Incar Olimpiade 2036

Presiden Jokowi menyerahkan palu kepada PM India Narenda Modi setelah menutup KTT G20. -Willy Kurniawan-AFP-

NUSA DUA, HARIAN DISWAY - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali sukses besar. Presidensi Indonesia memukau seluruh tamu negara yang hadir. Presiden Jokowi pun semakin percaya diri. Ia langsung mengumumkan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. 14 tahun lagi.  Entah siapa presidennya nanti.

Jokowi juga sudah memastikan bahwa Olimpiade 2036 dipusatkan di Nusantara, ibu kota negara yang baru. Di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. "Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," kata Jokowi saat konferensi pers. 

BACA JUGA:KTT G20 Hasilkan Deklarasi Bali 52 Paragraf

Jokowi kemarin resmi menutup KTT G20 di Candi Room, Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Rabu, 16 November 2022. Seluruh pemimpin negara anggota pun langsung menyambut dengan standing applause. Beberapa pejabat tak bisa menyembunyikan perasaan lega. Itu terlihat dari reaksi Menteri Keuangan Sri Mulyani yang spontan merangkul Menteri Luar Negeri Retno M. Lestari.

“Saya serahkan palu kepada Perdana Menteri India," kata Jokowi lantas memukulkan palu sebanyak lima kali ke mejanya. India sudah resmi menerima estafet keketuaan KTT G20 pada 2023 nanti. Negeri Anak Benua itu mengusung tema: Vasudhaiva Kutumbakam yang berarti Satu Bumi-Satu Keluarga-Satu Masa Depan.


Penanaman pohon di Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai oleh (dari kiri) Presiden AS Joe Biden, PM India Narendra Modi, Joko Widodo, dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen -Tiang IHRAM/POOL/AFP-

Modi juga mendapat sorotan lantaran cukup vokal. Setelah ia mendeklarasikan gagasan "Hari ini, seharusnya tidak ada lagi perang”. Secara tidak langsung ia mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

 “Selama satu tahun ke depan, kami akan berusaha memastikan bahwa G20 bertindak sebagai penggerak utama global untuk membayangkan ide-ide baru dan mempercepat aksi kolektif,” ucap Modi.  (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: