Kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi Tutup Musim 2022

Kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi Tutup Musim 2022

Max Verstappen Raih Kemenangan 15 di musim ini ketika memenangkan seri penutup, GP Abu Dhabi pada Minggu (20/11).--https://twitter.com/redbullracing/status/1594357926877085696?s=20&t=X28qeYQ6ZhBu9anO7X32Tw

Seri balapan formula satu musim 2022 telah usai. Kemenangan di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (20/11) akhirnya menjadi milik Max Verstappen. Ia mengganti ban medium ke hard di lap 20, dan membuatnya tidak terkejar oleh lawan-lawannya.

Pembalap asal Belanda itu meraih kemenangan 15 kali dalam satu musim. Ini menjadi tambahan rekornya di musim ini.

Pertarungan sengit terjadi di posisi kedua. Leclerc dan Perez yang memperoleh poin yang sama di papan klasemen, berusaha mengamankan posisi kedua agar dapat mengunci peringkat kedua. 

Dengan berbekal strategi satu kali pit stop, Leclerc berusaha mempertahankan posisi kedua sampai akhir balapan. Sementara Perez menggunakan strategi dua kali pit stop lebih awal.

Di sepertiga lap terakhir, Perez mencoba mengejar Leclerc hingga terpaut jarak satu detik. Namun sayang, performa mobil onfire Perez masih belum bisa menyalip pembalap kuda jingkrak itu. Ia pun harus puas berada di posisi ketiga podium. Juga posisi ketiga di klasemen akhir.

Sementara itu, rekan setim Leclerc, Carlos Sainz finis di posisi keempat. Setelah sebelumnya harus bertarung dengan Lewis Hamilton, yang terpaksa harus DNF karena masalah gearbox menjelang akhir balapan. Mercedes akhirnya hanya menyisakan George Russell di posisi kelima.

Kondisi Hamilton yang harus kembali ke pit lebih awal menjadi berkah bagi beberapa pembalap lain. Lando Norris naik ke urutan keenam. Sementara Pembalap Alpine, Esteban Ocon berada di urutan ketujuh.

Ia berhasil membuat Alpine berada di peringkat keempat konstruktor, meskipun rekan setimnya, Fernando Alonso tidak bisa melanjutkan balapan. Di belakangnya, strategi dua kali pit stop membuat Lance Stroll amankan posisi kedelapan.

Mengawali balapan dari posisi kesepuluh, Daniel Ricciardo naik satu posisi di urutan kesembilan, setelah berhasil mempertahankan posisinya di akhir balapan. 

Pembalap 4 kali juara dunia, Sebastian Vettel harus puas berada di urutan kesepuluh setelah kesulitan menyalip Ricciardo. Posisinya itu membuat Aston Martin berada di urutan ketujuh konstruktor, walaupun memiliki poin yang sama dengan Alfa Romeo.

Yuki Tsunoda kehilangan kesempatan meraih poin di balapan terakhir musim ini karena strategi ban soft tidak dapat berjalan dengan baik. Mengekor Tsunoda, Alex Albon menikmati awal start yang cukup baik dan mengambil alih posisi Zhou Guanyu di posisi ke-12.

Hasil kurang memuaskan juga dialami oleh rekan Tsunoda, Pierre Gasly yang memulai balapan dengan ban soft. Valteri Bottas harus kembali berada di luar 10 besar setelah finis di urutan ke-15.

Di belakangnya, duet Haas, Mick Schumacher dan Magnussen mengunci posisi terakhir balapan dengan urutan enam belas dan tujuh belas. Mick berhasil melanjutkan balapan setelah mengalami insiden dengan Nicholas Latifi, yang mengalami kerusakan dan harus kembali ke pitnya.

Seri penutup ini juga menjadi ajang perpisahan bagi beberapa pembalap yang hengkang dari formula satu. Di antaranya adalah Sebastian Vettel yang harus pensiun karena alasan keluarga. 

Sementara Nicholas Latifi, Mick Schumacher, dan Daniel Ricciardo tidak dapat melanjutkan kiprahnya di formula satu karena tim yang menaunginya tidak memberikan perpanjangan kontrak.(Affan Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: