Pasuruan artikel

Grand Final Indonesia 3x3 Tournament 2022 Diikuti 32 Tim

Grand Final Indonesia 3x3 Tournament 2022 Diikuti 32 Tim

Sesi Jumpa Pers Grand Final Indonesia 3x3 Tournament di Cilandark Apartment & Sports Centre, Jakarta (22/11)--

Indonesia 3x3 Tournament 2022 menuju fase akhir. Babak grand final akan berlangsung di Cilandak Town Squre, Jakarta pada 26-27 November mendatang. Ada 32 tim yang terdiri dari total 128 pemain yang lolos ke babak akhir.

 

Fase grand final akan dibagi dalam delapan grup. Masing-masing grup itu berisi empat tim. Ada 60 gim yang akan dipertandingkan selama dua hari turnamen. Dengan rincian 48 gim di fase grup dan 12 gim untuk fase semifinal serta final.

 

Project Director Chaerul Anwar Azis menjelaskan pembagian grup menggunakan sistem seeding dengan memperhatikan kualitas setiap tim di final provinsi. Fase itu telah dilakukan pada 17 Maret-30 Oktober 2022 di Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

 

“Peringkat 1 dan 2 di masing-masing grup akan lolos ke babak berikutnya untuk diadu lagi dengan pertemuan silang penghuni 1 dan 2 grup lainnya untuk perebutkan tiket semifinal pool. Selanjutnya pemenang di masing-masing pertandingan perebutkan podium juara masing-masing kategori,” kata Chaerul.

 

Dalam Indonesia 3x3 Tournament ini menyelenggarakan kompetisi U-18 dan U-23. Awalnya setiap tim mengikuti turnamen penyisihan kota di setiap provinsi. Para pemenang dari tiap kota bertarung di final provinsi. Finalis dari setiap provinsi berhak berlaga di babak grand final.

 

“Sekarang jalan ini ekosistem kelompok umur. Habis kelompok umur mau kemana? Timnas atau even-even profesional yang ada. Tapi insyaallah tahun depan ada. Kami yakin entah siapa nanti pelaksananya,” kata Brand Ambassador Indonesia 3x3 Tournament Ali Budimansyah dalam jumpa pers pada Selasa (22/11) di kawasan Jakarta Selatan.

 

Kabid 3x3 PP Perbasi Reni Dwi Candrawati berharap kompetisi ini bisa terus berjalan setiap tahun. Tidak hanya bermanfaat untuk menambah jumlah pemain 3x3. Tapi juga untuk wasit 3x3.

 

“Dengan event ini kami menambah hampir 200 akun pemain di FIBA. Sekarang sudah ada hampir seribu pemain 3x3 Indonesia yang terdaftar di FIBA. Lalu wasit 3x3 tidak sebanyak 5x5. Bagus untuk melatih jam terbang pemain dan wasit,” ujar Reni.

Sumber: