Pasuruan artikel

Pepes Bandeng Terpanjang Se-Indonesia oleh ASTON Inn Gresik Catat MURI

Pepes Bandeng Terpanjang Se-Indonesia oleh ASTON Inn Gresik Catat MURI

Sri Widayati (kiri) menyerahkan piagam MURI kepada Winston Hanes CHA dan S Paminta Nugraha.-CYNTHIA DARA FITRIANI-

GRESIK, HARIAN DISWAY - Sebuah catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) diraih ASTON Inn Gresik pada 20 November 2022 lalu sebagai Pepes Bandeng Terpanjang Se-Indonesia. Kategori itu merupakan MURI perdana yang pernah dibukukan.

Di Giri Loka Ballroom ASTON Inn Gresik terbentang pepes yang diolah dengan bahan khas Gresik yakni ikan bandeng. Tak tanggung-tanggung, panjangnya 1,4 kilometer. Karena itu wajarlah bila MURI mengukuhkan rekor tersebut untuk ASTON Inn Gresik. 
Untuk membuat pepes sepanjang 1,4 kilometer, ASTON Inn Gresik membutuhkan 9500 ekor bandeng atau 1,5 ton yang dibeli dari tambak bandeng Gresik.-CYNTHIA DARA FITRIANI-

Sebuah catatan MURI pertama untuk kategori Pepes Bandeng Terpanjang Se-Indonesia. Piagamnya langsung diserahkan oleh perwakilan MURI Sri Widayati kepada Vice President Operation of Achipelago International Winston Hanes CHA dan General Manager ASTON Inn Gresik S Paminta Nugraha.

Atas prestasi itu S Paminta menyambut gembira. Pencatatan rekor dalam bidang kuliner Nusantara itu selaras dengan catatan Kabupaten Gresik yang merupakan salah satu produsen ikan bandeng di Indonesia dengan volume produksi sebanyak 90,38 ribu ton pada 2021.

”Jadi pencatatan rekor ini bukan semata-mata untuk mendapatkan penghargaan tapi kami ingin memperkenalkan ke khalayak bahwa Gresik adalah daerah produsen bandeng terbesar kebanggaan Indonesia,” tegasnya.

Tak heran, bandeng untuk membuat pepes itu pun dibeli dari beberapa tambak bandeng di Gresik. Ada sekitar 9500 ekor bandeng atau kurang lebih 1,5 ton. Semua diproses oleh 10 executive chef dari beberapa hotel di bawah naungan Archipelago di Jawa Timur serta beberapa SMK Tata Boga di Gresik. 
Kesepuluh 10 executive chef dari beberapa hotel di bawah naungan Archipelago di Jawa Timur di balik kesuksesan pencatatan MURI oleh ASTON Inn Gresik -CYNTHIA DARA FITRIANI-

Senada dengan S Paminta, Direktur Utama PT Dharma Graha Utama Drs Ec Erwin H Poedjono, menegaskan bahwa rekor juga bertujuan mengampanyekan pemenuhan kandungan gizi dengan mengonsumsi ikan. 

Terutama ikan bandeng yang kaya akan protein dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak dan daya ingat. ”Lewat acara ini, kami juga memperkenalkan, mempromosikan, dan mengangkat nama Gresik sebagai penghasil ikan bandeng terbesar di Indonesia,” tegasnya.

Tampak hadir dalam acara jajaran Bupati Gresik, Kapolres Gresik, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Gresik, jajaran direksi PT Dharma Graha Utama selaku owning company ASTON Inn Gresik hingga Executive Commitee Archipelago International.

Setelah diverifikasi oleh MURI, pepes bandeng langsung dibagikan. ”Kami arahkan untuk diberikan ke beberapa yayasan panti asuhan, pondok pesantren dan warga sekitar.” terang ketua panitia Haris Zestya yang juga Executive Chef ASTON Inn Gresik. (Heti Palestina Yunani-Cynthia Dara F)

Sumber: