Pasuruan artikel

Ladeni Tantangan Persis di Solo, Persebaya Siapkan Pengganti Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan

Ladeni Tantangan Persis di Solo, Persebaya Siapkan Pengganti Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan

Pemain Persebaya Alta Ballah ketika diturunkan dalam uji coba melawan Persis sebelum Liga 1 musim ini bergulir.--

SURABAYA, DISWAY - Persebaya Surabaya bakal melakoni pertandingan uji coba lawan Persis Solo. Pertandingan itu digelar di Solo, Sabtu (26/11). Digelar tanpa penonton. Meski begitu pertandingan tersebut bisa dinikmati pendukung kedua tim dan penikmat bola karena akan disiarkan langsung oleh Indosiar. 

Uji coba lawan Tim Liga 1 memang sudah diminta pelatih Aji Santoso sejak dua pekan lalu. Pelatih Terbaik Liga 1 2021 itu ingin menjajal tim selevel bila sudah ada kabar kelanjutan kompetisi.

Nah, saat ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah memberi sinyal kompetisi akan digulirkan kembali pada 2 Desember mendatang.

Bertanding lawan Persis, akan member benefit pada kedua tim. Bisa jadi uji kesiapan sebelum tampil di kompetisi. kebetulan, Persebaya dan Persis termasuk tim yang memilih terus menggeber latihan selama kompetisi terhenti.

Bahkan, sebelum ini Persis sempat melakoni uji coba lawan JDT Malaysia di Johor Baru. Artinya dari sisi kesiapan, keduanya dalam posisi terjaga.

Persebaya membawa 26 pemain dalam lawatan tersebut. Pertandingan ini juga akan dimanfaatkan Aji Santoso untuk mencari pengganti Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan. Keduanya bakal bergabung dalam TC Timnas Senior pada 28 November mendatang.

“Kami butuh melihat siapa yang pas dan siap menggantikan Ridho dan Marsel,” terang Aji Santoso.

Aji akan mencoba Riswan Lauhin dan Dandi Maulana secara bergantian. Mereka diplot menjadi pengganti Rizky Ridho. Satu di antara keduanya bakal berpasangan dengan Leo Lelis.

Keduanya dinilai miliki kemampuan yang setara. Tinggal bagaimana membangun chemistry dengan Leo Lelis.

Soal siapa yang akan diturunkan, menyesuaikan dengan calon lawan. “Opsi kami ada Riswan atau Dandy. Nanti akan kami lihat sejauh mana mereka membangun kolaborasi dengan Lelis di belakang,” ungkapnya.

Yang agak pelik justru pengganti Marsel. Kendati miliki banyak stok gelandang, namun sejauh ini Aji Santoso masih belum menemukan sosok yang pas. “Kalau itu (pengganti Marsel) masih akan kami cari. Sampai sekarang belum ketemu,” ujarnya.

Terlepas dari itu, uji coba lawan Persis akan dimanfaatkan untuk menguji kesiapan tim secara keseluruhan. Kendati secara fisik dan mental cukup bagus, tetapi tidak berkompetisi lebih dari sebulan jelas menjadi persoalan tersendiri. Feeling game pemain pasti berpengaruh.

“Makanya kami perlu lawan yang selevel,” tandasnya. Selama ini Persebaya memang beberapa kali menggelar uji coba. Namun tim yang diajak bertanding levelnya jauh di bawah mereka.(Gunawan Sutanto

Sumber: