Upaya Perguruan Tinggi Mengejar WCU

Upaya Perguruan Tinggi Mengejar WCU

Agung Sosiawan dan Bagong Suyanto.-Foto: Dokumentasi Pribadi-

Tanpa didukung dengan kesejahteraan yang cukup, sulit diharapkan dosen dapat berkinerja yang optimal untuk mewujudkan tujuan mencapai reputasi PT di skala global.

Upaya yang Perlu Dikembangkan

Selama ini, berbagai upaya telah dikembangkan PT untuk meraih prestasi yang membanggakan di kancah global. Di berbagai PT, telah dikembangkan program-program seperti academic and research lecturer, adjunct professor, visiting professor, postdoctoral programme, conference, dan lain-lain. Yang tak kalah penting, telah pula dilakukan perencanaan dan tata kelola yang lebih terarah.

Beberapa program yang taktis dan penting dikembangkan PT untuk meraih prestasi global, misalnya adalah riset kolaborasi internasional. Lebih dari sekadar riset internal yang dilakukan masing-masing dosen.

Dalam program riset kolaborasi, dosen didorong untuk melaksanakan riset bersama dengan dosen dan peneliti dari PT luar negeri yang memiliki reputasi bagus. Tidak hanya melaksanakan riset, output terpenting dari kegiatan ini adalah dihasilkannya artikel untuk jurnal bereputasi internasional yang ditulis bersama. Program itu, selain menambah capaian publikasi internasional, yang tak kalah penting adalah membangun mitra kerja dengan dosen luar negeri yang berkelanjutan.

Harus disadari bahwa membangun jejaring global tidak mungkin dilakukan dengan cara instan.  Upaya untuk membangun jejaring abadi dengan mitra harus berkelanjutan. Caranya, tidak cukup hanya ’’dipancing’’ melalui riset kolaborasi. Ke depan, harus disepakati juga bahwa PT perlu memperluas jejaring ke PT berbagai negara, di luar mitra yang sudah dijaring melalui aktivitas riset bersama.

Dengan terus memperluas jejaring dengan PT-PT dari berbagai negara, niscaya reputasi PT akan ikut terdongkrak naik.

Upaya mengejar reputasi WCU harus diakui bukan hal yang mudah. Tidak mungkin reputasi global dapat diraih bila masing-masing elemen bekerja soliter –apalagi berjarak.

Perlu pula disadari bahwa mencapai ranking PT yang membanggakan di tingkat global bukanlah tujuan. Reputasi global adalah konsekuensi yang otomatis akan tercapai dengan sendirinya bila seluruh elemen internal di masing-masing PT telah berkinerja dan bekerja sama dengan baik. (*)

*Agung Sosiawan adalah Dekan Fakultas Kedoktoran Gigi Universitas Airlangga

**Bagong Suyanto adalah Dekan FISIP Universitas Airlangga

 

Sumber: