Mijn Roots Mencari Orang Tua Kandung: Sempat Menghubungi Mijn Roots (80)

Mijn Roots Mencari Orang Tua Kandung: Sempat Menghubungi Mijn Roots (80)

PERTEMUAN SAUDARA kandung Jean-Luc (tengah) dan kedua kakaknya.-Dok Jean-Luc-

Jean-Luc Oudkerk Pool mencoba berbagai cara agar bisa menemukan ibu kandungnya: Rohani. Ia sempat mencoba menghubungi Mijn Roots karena pencarian sempat menemui jalan buntu.

 

Nama Mijn Roots sudah sangat terkenal di kalangan anak adopsi di Belanda. Banyak yang sudah mengirim dokumen adopsinya untuk dilakukan pencarian. Banyak pula yang belum siap untuk memulainya.

Tanpa disadari, waktu yang mereka miliki makin habis. Makin tua mereka, makin sulit untuk mencari orang tua. Sangat mungkin orang tua mereka sudah meninggal.

Jean-Luc memulai pencarian ketika usianya sudah menginjak 40 tahun. Tergolong agak telat. Sebab, banyak anak-anak yang mulai mencari sejak usia remaja. Bahkan, sudah banyak yang mencari sejak awal 1990-an.

Namun, durasi pencarian tak menentukan keberhasilan. Banyak yang terus mencari orang tua kandung meski sudah lama mencari. 

Banyak yang mulai memulai pencarian mandiri. Namun, setelah menemui jalan buntu, mereka mulai menghubungi Mijn Roots yang didirikan sesama anak adopsi Indonesia di Belanda.


JEAN-LUC memakai topi peninggalan keluarga ayah angkatnya dengan bendera Indonesia di sampingnya. Foto diambil di Disway News House 8 November 2022. -David Ubaydullah/Harian Disway-

Ya, ya, I did contact Mijn Roots (Ya, ya, aku sempat menghubungi Mijn Roots, Red),” ucap Jean, 8 November 2022, saat ditemui di Disway News House, Surabaya. Itu pertemuan kami untuk kali kedua.

Jean sempat melakukan pencarian sendiri. Ia dibantu Christa Wongsodikromo, seorang Belanda-Suriname yang menemukan keluarga buyutnyi di Indonesia. Christa-lah yang menyadarkan pentingnya terkoneksi dengan ”akar”. Jean tak mungkin terus-terusan menghindari fakta bahwa dia berasal dari Indonesia.

”Christa said, we need to have a plan for you. Now it’s the time (Kata Chirsta, kita perlu menyusun rencana untukmu. Dan sekarang adalah waktunya, Red),” lanjut Jean saat menceritakan awal mula pencariannya ke Indonesia Oktober-November 2022. 

Jean sudah memiliki berkas adopsi lengkap, plus foto ibu kandungnyi: Rohani. Alamatnya juga sangat jelas di Bandung.

Karena itulah, mereka memutuskan untuk mencari sendiri keberadaan Rohani. Jean dan Christa mulai keliling Bandung. Tiga hari pertama tidak berjalan mulus. Pencarian tak mudah dilakukan. Sampai hari keempat tetap belum ada kabar. 

Mereka menghubungi seorang anak adopsi yang berada di Belanda. Jean tahu, ia sudah menemukan orang tuannya lewat bantuan Mijn Roots. Jean menanyakan kontak Mijn Roots yang berada di Surabaya. 

Mereka sudah telanjur di Indonesia dan tak tahu apa yang harus dilakukan. Mereka butuh masukan dari Mijn Roots yang memiliki segudang pengalaman.


Mampir Disway News House di Surabaya, Ana Maria (kanan) menunjukkan edisi cetak series tentang kisah Mijn Roots.-Boy Slamet/Harian Disway-

Apakah Jean menghubungi Ana Maria?

Ya, ya, ya, Ana from Surabaya (Ana dari Surabaya, Red),” ujar Jean sambil manggut-manggut. Ana adalah salah seorang pendiri Mijn Roots yang menetap di Surabaya. Masih kewarganegaraan Belanda, tetapi waktu dan tenaganya dihibahkan ke Indonesia agar bisa membantu orang-orang senasib yang mencari keluarga kandung.

Saat dikonfirmasi, Ana juga ingat nama Jean-Luc. Namun, ia tak tahu wajahnya. Ketika saya mengirimkan gambar Jean-Luc dengan Ady Setyawan, ia tak tahu mana yang Jean-Luc. ”Kiri atau yang kanan?” tanya Ana.

Tentu sulit mengidentifikasi yang mana Jean-Luc. Sebab, ia juga punya wajah Indonesia. Usianya dengan Ady juga sama. Sama-sama kelahiran 1982.


PENDIRI KOMUNITAS Roode Brug Soerabaia Ady Setyawan (kiri) menemui Jean-Luc di Hotel 88 Jalan Embong Malang Surabaya, Senin, 7 November 2022. -Salman Muhiddin/Harian Disway-

Menurut kepercayaan Tionghoa, orang yang lahir di tahun 1982 memiliki shio anjing. Dalam artikel yang ditulis Abya Zara (2022), elemen yang dimiliki shio anjing adalah tanah. Elemen itu termasuk golongan yang.

Shio anjing menyukai keadilan dan selalu berkata jujur sehingga disukai banyak orang. Mereka juga memiliki keunikan, yakni memiliki insting yang kuat dan tidak menyukai sesuatu yang tidak pasti atau samar-samar.

Shio anjing cenderung menyukai segala hal yang berbau tradisional sehingga kurang menerima hal-hal baru atau perubahan.

Kok sepertinya betul. Hihihi.  (Salman Muhiddin)

Perasaan Pertama setelah Ketemu Keluarga. BACA BESOK!



Sumber: