Uji Coba Persis vs Persebaya Jadi Persiapan Akhir Sambut Lanjutan Liga 1

Uji Coba Persis vs Persebaya Jadi Persiapan Akhir Sambut Lanjutan Liga 1

Pemain Persebaya Alta Ballah ketika diturunkan dalam uji coba melawan Persis sebelum Liga 1 musim ini bergulir.--

Misi penting diusung Persebaya saat uji coba kontra Persis Solo di Stadion Manahan, sore ini (26/11). Pelatih Aji Santoso membidik laga tersebut bisa mengembalikan mood kompetisi di pasukan Persebaya. 

Maklum, lebih dari sebulan Alwi Slamat dan kawan kawan tidak bertanding di kompetisi resmi. Terakhir, Persebaya bertanding melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, 1 Oktober lalu. Saat itu Persebaya menang 2-3. 

Hasil positif ini seharusnya bisa menjadi starting point untuk berburu kemenangan berikutnya. Sayang, setelah itu kompetisi terhenti karena banyaknya korban jiwa pasca pertandingan. “Sebetulnya tren saat itu sudah naik. Anak-anak dalam kepercayaan diri yang cukup tinggi menyambut laga-laga berikutnya,” ungkapnya.

Namun terhentinya kompetisi diakui Aji berdampak pada penurunan mental. Juga fisik maupun kepercayaan diri pemain. Ketiga aspek tersebut sebetulnya sudah dijaga dengan keputusan Aji untuk tetap menggelar latihan kendati kompetisi belum ada kejelasan. Di sela itu juga diseliringi uji coba dengan tim Liga 3 dan Liga 2 untuk menjaga kondisi pemain tetap stabil. 

Dengan adanya kabar Liga 1 akan dilanjutkan kembali, Persebaya juga harus mulai menaikkan level persiapan. Nah, uji coba lawan Persis nanti akan menjadi tolok ukur kesiapan tim berkompetisi.

Mood pemain harus kembali dibangkitkan. Oleh karena itu saya minta mereka untuk serius dan all out menjalani pertandingan. Soal hasil urusan nanti,” tegasnya. 

Sebanyak 26 pemain telah dibawa ke Solo. Di sana, ada the winning team saat menghacurkan Arema FC. Kecuali Marselino Ferdinan yang baru pulang dari TC Timnas U-20.

Aji mengirim sinyal akan menurunkan tim terbaik tersebut. Hanya untuk Rizky Ridho kemungkinan tak akan dimainkan penuh. Aji perlu menyiapkan pemain lain, karena setelah ini Ridho akan bergabung ke Timnas Senior sampai pertengahan Januari mendatang.

“Nanti ada Riswan atau Dandi. Juga ada (George) Brown yang bisa kita coba,” ungkapnya. 

Aji juga harus mencari solusi di tengah. Selain Marsel, laga nanti juga tanpa Sho Yamamoto. Pemain asal Jepang ini ditinggal karena sakit demam berdarah.  Gantinya, semua pemain gelandang dibawa. Ada Brylian Aldama, Riski Dwiyan, Denny Agus, Wahyudi, Rumere, Andre Oktviansyah, dan Brayen Pondaag.

Dari sederet nama tersebut, Aji mengaku belum menemukan pengganti yang pas untuk posisi Marsel. “Nanti kami coba siapa yang paling siap. Minimal mendekati (kemampuan Marsel),” tandasnya.(Gunawan Sutanto) 

Sumber: