Fajar/Rian Debut di World Tour Finals, Tidak Ingin Overconfidence

Fajar/Rian Debut di World Tour Finals, Tidak Ingin Overconfidence

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto-ilustrasi-BWF

Untuk kali pertama Fajar Alfian/M. Rian Ardianto akan berlaga di BWF World Tour Finals. Mereka lolos dengan status sebagai peringkat pertama World Tour Ranking 2022. FajRi telah mengumpulkan 91.870 poin sepanjang tur tahun ini.

 

Selama 2022 FajRi telah mengikuti 15 turnamen individu. Hasilnya, FajRi meraih empat gelar dari delapan kali final. Gelar tersebut adalah Denmark Open 2022, Malaysia Masters 2022, Indonesia Masters 2022, dan Swiss Open 2022. Dengan konsistensi tersebut, FajRi naik ke ranking ketiga dunia. Itu menjadi ranking tertinggi mereka sejak dipasangkan pada 2014.

 

Pada tahun-tahun sebelumnya, FajRi kalah bersaing dengan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan M. Ahsan/Hendra Setiawan. Namun, tahun ini The Minions tidak lolos WTF karena berada di ranking ke-22. Dalam peringkat World Tour Ranking 2022, posisi kedua ditempati M. Ahsan/Hendra Setiawan.

 

Melihat perkembangan sepanjang tahun dengan peningkatan pesat, rasanya tidak berlebihan jika FajRi diproyeksikan meraih hasil maksimal di WTF 2022. WTF 2022 akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 7–11 Desember. Jadwal itu maju seminggu setelah dipindah dari Guangzhou, Tiongkok.

 

”Tentunya sangat antusias ya bisa lolos untuk pertama di WTF. Tetapi, kami tidak mau percaya diri berlebihan. Lebih baik difokuskan saja ke persiapan agar bisa bertanding lebih maksimal” ujar Fajar.

 

Sebelum bertandang ke Bangkok kurang dari dua pekan lagi, FajRi kali terakhir berlaga di French Open 2022. Saat itu mereka terhenti di babak pertama. PBSI sempat menyelenggarakan turnamen pemanasan dengan tajuk BrughtUp Cup 2022 pada 10-11 November 2022 di Tennis Indoor, Jakarta.

 

Namun, kondisi Rian tidak prima. Akhirnya, pada mini turnamen itu, Fajar berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana. FajRi juga mengundurkan diri dari Australian Open 2022 yang menjadi turnamen super series terakhir sebelum WTF 2022.

 

Berdasar World Tour Ranking 2022, pesaing FajRi di Bangkok mendatang selain Ahsan/Hendra adalah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Lui Yu Chen/Ou Xuan Yi, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Choi Sol-gyu/Kim Won-ho, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: