Mengunjungi Kompleks Hunian Tetap saat Semeru Erupsi lagi

Mengunjungi Kompleks Hunian Tetap saat Semeru Erupsi lagi

Petugas Satpol PP Lumajang patroli untuk mengecek kondisi di hunian tetap Perumahan Bumi Semeru Damai setelah terjadi erupsi, Minggu, 4 Desember 2022.-Foto: Mohamad Nur Khotib-Harian Disway-

Semua warga huntap mengungsi di berbagai titik. Salah satunya, di kantor Kecamatan Candipuro. Ada sekitar 400 warga dari berbagai dusun berkumpul di sana.


Sumanto bersiap ke pengungsian setelah dijemput anaknya.-Foto: Mohamad Nur Khotib-Harian Disway-

Termasuk Sutrisno, 77 tahun, yang baru saja diungsikan oleh putrinya. Warga huntap blok C12-06 itu sebetulnya tak terlalu takut dengan erupsi kali ini. 

"Tapi, trauma tahun lalu tiba-tiba wedus gembel turunnya cepet banget," kata Siti Soleha, putri Sutrisno, yang duduk di teras kantor Kecamatan Candipuro. Dia pun memutuskan memboyong kedua orang tua ke pengungsian. Bersama ribuan warga huntap lainnya.

Sebetulnya, kata Siti, warga desa setempat sempat rasan-rasan beberapa hari belakangan. Mereka sudah waspada begitu memasuki Desember. Bahwa sudah kali ketiga ini Semeru erupsi tiap jelang akhir tahun.

"Gak ridho. Ternyata beneran erupsi lagi. Jujur kami masih takut. Biar dibilang erupsinya kecil, tapi lebih baik cari aman, Mas. Ngerii," ujar perempuan 34 tahun itu lantas menekuk dan memeluk kedua lututnyi. (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: