Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Jokowi Terima Penghargaan IWUF

Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Jokowi Terima Penghargaan IWUF

Presiden Joko Widodo membuka Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 pada Senin (5/12) di ICE BSD, Tangerang-Sekretariat Presiden-

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 telah dimulai. Edisi kedelapan itu dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di pada Senin (5/12) di ICE BSD, Tangerang. Presiden ketujuh RI itu mengatakan event ini tidak hanya sebagai kejuaraan semata. Tetapi juga menjadi jembatan persahabatan antarbangsa.

 

“Semua peserta datang ke Indonesia adalah untuk bertanding. Tetapi, saya sangat mengharapkan kehadiran Bapak, Ibu dan seluruh atlet di Indonesia sekalian dimanfaatkan untuk lebih dekat mengenal Indonesia,” kata Jokowi dalam sambutannya.

 

Dalam acara tersebut, Jokowi juga menerima penghargaan tertinggi dari Federasi Wushu Internasional (IWUF). Penghargaan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation Grading diberikan oleh Wakil Presiden IWUF Anthony Goh.

 

Menurut Goh ini adalah apresiasi atas dukungan yang diberikan untuk menyelenggarakan event tersebut. Kejuaraan Dunia Wushu Junior ini seharusnya diadakan pada 2020 lalu. Namun, terjadi pandemi. “Komunitas wushu dunia menunjukkan contoh kompetisi bisa membawa dan menyatukan berbagai bangsa dalam masa sulit,” ungkap Goh.

 

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ini merupakan yang kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah. Diikuti 807 peserta dari 60 negara dan dua region (Hongkong dan Makau). Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2008 di Bali.

 

Pada Kejuaraan Dunia Wushu 2022 ini, PB WI menargetkan enam emas yaitu empat dari nomor taolu dan dua dari nomor sanda. Meski belum memiliki pengalaman bertanding di level internasional, mereka optimis para atlet bisa memberikan hasil terbaik.

 

“Mereka memang belum punya pengalaman bertanding di ajang internasional. Tetapi, saya tidak pernah meragukan kemampuan mereka dan saya yakin dari sanda bisa lahir medali emas,” kata manajer tim Sudarsono.

 

Pada pertandingan pertama yang digelar pada Selasa (6/12), Josh Tiesto dan Rainner Reinaldy Ferdiansyah akan turun di nomor taolu junior A. “Kondisi seluruh atlet taolu cukup bagus. Mereka sudah siap tampil. punya peluang untuk meraih emas. Mudah-mudahan bisa terwujud,” kata pelatih Probo Muljono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: