Apa Itu Pangkat Tituler Deddy Corbuzier

Apa Itu Pangkat Tituler Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier mengenakan seragam Komcad TNI AD dan memberi hormat ke Menhan Prabowo.-Dok Deddy Corbuzier-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI AD, Jumat 9 Desember 2022. Pangkat diberikan secara resmi oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto. 

Deddy mengunggahnya dalam  akun Instagram @mastercorbuzier. Ia mengenakan seragam TNI AD sambil saling hormat ke Prabowo.

Pangkat tersebut juga  disahkan oleh Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa dan KSAD, Dudung Abdurachman. 

Deddy bangga dengan tugas barunya itu. Ia juga mengucapkan terimakasih ke kepada keluarga besar TNI dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) karena sudah memberinya kepercayaan.

Lantas apa itu pangkat tituler?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tituler adalah suatu pangkat atau gelar kehormatan yang diperoleh tanpa perlu menjalankan tugas jabatan sebagai yang berhubungan dengan gelarnya. 

Hal itu juga dijabarkan di Pasal 5 Ayat 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia. Pangkat tituler adalah pangkat yang diberikan kepada Warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. Sifatnya sementara. Setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, pangkat yang bersifat tituler tersebut pun dicabut.

Deddy ditetapkan sebagai Duta Komando Cadangan (Komcad) sejak 13 Oktober 2021. Komcad merupakan program sukarela atau tidak wajib bagi warga negara.  Mobilisasi hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI dan di bawah kendali Panglima TNI. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: