Cheng Yu Pilihan Kepala Perwakilan Kemenkeu Jatim John. L. Hutagaol: Dong Liang Zhi Cai

Cheng Yu Pilihan Kepala Perwakilan Kemenkeu Jatim John. L. Hutagaol: Dong Liang Zhi Cai

Cheng Yu John Hutagaol--

PANGGILAN akrabnya: John. Nama lengkap sekaligus gelarnya: Prof Dr Poltak Maruli John Liberty Hutagaol SE Ak MAcc MEc (Hons) CA. Kini, ia tengah menjabat kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur 1 merangkap Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Timur.

John ahli perpajakan dan akuntansi. Pria kelahiran Jakarta, 27 November 1965, ini mulai menyukai dua bidang ilmu tersebut sejak kuliah di Fakultas Ekonomi di Universitas Brawijaya, Malang. 

Namun, ketika melamar kerja di Kementerian Keuangan, pilihan pertamanya justru Direktorat Jenderal Moneter, bukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Sebab, selain merasa prospek untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lebih terbuka lebar di sini, juga karena terinspirasi oleh banyaknya tokoh-tokoh keuangan sukses yang berasal dari situ.

Tetapi, setelah dites, John ternyata ditempatkan di DJP dan tidak pernah pindah-pindah hingga kini. Jenjang karir dan jabatan akademiknya pun terus menanjak hingga posisi tertinggi: guru besar.

Tentu, semuanya diraih dengan penuh jerih payah dan dedikasi. Tak masalah. "Hidup itu indah untuk dinikmati, bernilai bila bermanfaat bagi banyak orang dan lingkungan. Jangan biarkan waktu berlalu tanpa hasil dan karya," jawab John, saat ditanya apa yang menjadi pegangan dan penyemangatnya.

Ia mungkin ingin mengejawantahkan pepatah yang berasal dari Shishuo Xinyu (世說新語), antologi cerpen masyhur yang dikompilasi Liu I-ching 劉義慶 (403-444), "栋梁之才" (dòng liáng zhī cái): menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: