Banyak Buang Peluang, Indonesia Kalahkan Kamboja di Penyisihan Grup Piala AFF 2022

 Banyak Buang Peluang, Indonesia Kalahkan Kamboja di Penyisihan Grup Piala AFF 2022

EGY MAULANA VIKRI (tengah) mencetak gol pertama bagi Indonesia saat melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 23 Desember 2022.-PSSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Indonesia berhasil mengamankan poin dalam laga pertamanya di Piala AFF 2022. Tim Garuda mengalahkan Kamboja 2-1 pada Jumat (23/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Meski menyegel poin penuh, kemenangan itu diraih dengan susah payah.

Indonesia unggul pada menit ketujuh melalui sontekan Egy Maulana Vikri. Lima menit berselang, Kamboja membalas melalui Sareth Krya. Kemenangan Indonesia dipastikan melalui gol Witan Sulaeman pada menit ke-35 yang didapat melalui kerja sama Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan.

Pada babak kedua, Indonesia menarik Egy dan M. Rafli. Mereka digantikan Saddil Ramdani dan Ilija Spasojevic. Harapan untuk menambah pundi-pundi gol gagal terwujud. Tidak ada gol yang terjadi di babak kedua meski banyak peluang yang tercipta. Ditambah Witan harus ditarik keluar pada menit ke-82 karena kram. Ia digantikan Dendy Sulistyawan.

”Sangat disayangkan laga malam ini (kemarin, Red) membuat saya marah. Saya minta para pemain lebih fokus lagi ke depan. Selangkah demi selangkah kami akan lebih baik. Kekhawatiran saya soal performa tim memang terjadi di pertandingan tadi,” kata pelatih Shin Tae-yong dalam jumpa pers seusai pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan kemarahannya karena timnya tidak tampil dengan performa yang baik. ”Tidak bisa menunjukkan permainan yang seru kepada penggemar. Seharusnya bisa lebih banyak mencetak gol, tetapi tidak begitu,” lanjutnya.

Kemenangan Indonesia itu memiliki beberapa catatan. Banyak peluang emas yang tercipta sepanjang laga. Namun, hanya dua gol yang bersarang di gawang Keo Soksela. Kondisi tersebut tentu menjadi alarm bahaya untuk Indonesia.

Rendahnya produktivitas gol bisa menjadi masalah di kemudian hari. Saat ini Thailand memimpin klasemen sementara grup A. Mereka berhasil membungkam Brunei Darussalam lima gol tanpa balas pada Selasa (20/12) di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia. Sementara itu, Indonesia berada di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Berikutnya Indonesia bertandang ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk melawan Brunei Darussalam pada Senin (26/12). Brunei sudah takluk 0-5 dari Thailand (20/12). ”Saya tidak mau melihat hasil dari tim lain. Saya hanya fokus pada tim sendiri agar bisa menampilkan permainan terbaik,” imbuh Shin Tae-yong. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: