Asmara Berondong di Mutilasi Bekasi

Asmara Berondong di Mutilasi Bekasi

-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Hasil interogasi polisi terhadap tersangka Ecky, tersangka mengaku berpacaran dengan Angela sejak 2018. Tapi, Angela punya dua apartemen. Satu di kawasan Setiabudi, HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Satu lagi di Kalibata City, Jakarta Selatan.

Dari kronologi itu, sulit bagi polisi mengungkap motif sebenarnya. Soal waktu kematian sudah lebih dari setahun. Teman kerja Angela di Superindo juga mengatakan bahwa Angela dekat dengan Ecky. Tapi, mereka tidak tahu, apakah itu asmara atau motif lainnya.

Akhir pekan lalu Polda Metro Jaya mendapat seorang saksi kunci yang belum dibuka identitasnya. Saksi kunci tersebut mengatakan ke polisi bahwa Ecky mendekati Angela bermotif finansial. 

Gampangnya, Ecky berondongnya Angela. Dan, umumnya berondong moroti pacar yang lebih tua.

Istilah berondong berasal dari bahasa Jawa yang artinya jagung muda. Orang umumnya suka jagung muda, rasanya manis. Istilah itu digunakan buat wanita yang pacaran dengan pria lebih muda.

Gloria A. Cowan dalam bukunyi, The Double Standard in Age-discrepant Relationships (1984) melakukan riset tentang perempuan yang punya berondong. Umumnya, bukan asmara murni, melainkan motif lainnya.

Cowan adalah guru besar psikologi Wayne State University di Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS). Dia melakukan riset untuk buku tersebut pada awal dekade 1980-an di AS.

Inti hasil riset, jika perbedaan usia tujuh tahun, wanita lebih tua dibanding pasangan pria, masih memungkinkan. Maksudnya, masih memungkinkan. Lewat sedikit masih boleh. Tapi, lewat dari 18 tahun (wanita lebih tua), sangat mungkin bukan motif asmara, melainkan motif lainnya.

Ada perkecualian. Kecuali pada kasus-kasus khusus. Terkait perkembangan psikologis pria. Misalnya, di masa kecil si pria sangat dekat dengan ibu atau nenek.

Contoh tokoh dunia untuk itu. Aktris Holywood terkenal, Demi Moore, lebih tua 16 tahun daripada suami, Aston Kutcher. Atau, Presiden Prancis, Emmanuel Macron menikah dengan Brigitte Trogneux. Trogneux lebih tua 24 tahun. Dikutip dari biografi Emmanuel Macron, Trogneux dulunya adalah guru SMA Macron.

Contoh-contoh itu adalah pasangan yang menikah. Bukan pacaran atau selingkuhan. Sedangkan, pacaran umumnya bermotif finansial atau lainnya. Bukan motif asmara.

Dalam kasus mutilasi di Bekasi, tentu sulit mengungkap motif Ecky pacaran dengan Angela. Seorang saksi kunci yang kini sudah di tangan polisi masih akan dimintai keterangan. 

Keterangan saksi kunci tidak berdiri sendiri. Melainkan, masih akan diuji silang dengan melibatkan saksi ahli. Yakni, psikolog dan psikiater. ”Kami melibatkan saksi ahli dari psikolog, psikiater, ahli forensik, untuk mendapatkan motif yang valid,” kata Kombes Hengki.

Teknik penyidikan Polri itu sudah maju. Hengki menyebutnya scientific crime investigation

Dalam ilmu hukum berlaku anggapan, semua pengakuan tersangka pasti bohong. Sampai pengakuan itu terbukti, bohong atau jujur. Sebab itu, polisi tidak akan pernah percaya pengakuan tersangka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: