Proyek Flyover Aloha Dimulai, Tuntas April 2024

Proyek Flyover Aloha Dimulai, Tuntas April 2024

Alat-alat berat disiapkan di kawasan Aloha untuk membangun flyover. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Proyek flyover Aloha dimulai, Rabu siang, 18 Januari 2023. Sejumlah mesin alat berat, serta berbagai bahan pondasi jembatan layang mulai memasuki area pekerjaan, dengan diangkut beberapa truk kontainer.

Puluhan pekerja tengah menyiapkan pelebaran jalan di jalur selatan. Di sekitar mulut Jalan Raya Juanda. Di sisi timur perlintasan kereta api, masih proses pengerjaan. Jalan selebar 8 meter itu nantinya menyambung frontage road arah Sidoarjo. Sehingga, tak sampai mengganggu proses pengerjaan jembatan layang, sepanjang 858 meter tersebut.

Selain itu, petugas juga memberlakukan penyempitan jalur di Jalan Raya Juanda. Hingga melakukan upaya penutupan jalan di jalur cepat di sekitar area pembangunan.

BACA JUGA:Hari Ini Dibongkar, UMKM Aloha Bersurat Ke Presiden

Namun, pengguna jalan dalam kategori kecil, masih bisa memanfaatkan jalur lambat sisi kiri di dua arus Jalan Raya Juanda. "Dalam waktu dekat, sekurangnya pada akhir bulan ini, pengerjaan tiang penyangga mulai dilakukan," kata Muhammad Sadikin, manajer konstruksi.


Petugas Satlantas Polresta Sidoarjo memasang cone untuk mengatur lalu lintas.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Dalam proses pengerjaannya, ia meminta partisipasi seluruh masyarakat. Agar sementara waktu dapat menghindari sekitar jalur simpang Aloha. Di samping menunggu sebagian lahan yang belum bebas, dan beberapa bangunan yang belum bisa dibongkar. "Agar pekerjaan bisa dilakukan secara maksimal," tandasnya.

Anggota Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Abdul Kholil menyampaikan, pihaknya akan menerjunkan sejumlah personel di sekitar area pembangunan flyover. Sebagai upaya petugas dalam mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang ditimbulkan adanya proyek pembangunan tersebut.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan para pengguna jalan. Melalui, pemasangan rambu peringatan, berupa spanduk. Yang ditempelkan di sejumlah titik ruas jalan tol dari Sidoarjo sampai Surabaya. 

Kendaraan via tol yang akan menuju Bandara Juanda bisa mengambil jalur tol Waru. Dan sebaliknya. Sedangkan bagi kendaraan non-tol, agar mengambil jalur kawasan Sidoarjo bagian dalam.

Proses pengerjaan flyover Aloha, rencananya dilakukan petugas setiap malam hari. Untuk menghindari aktivitas jam-jam padat kendaraan di sekitaran jalan simpang Aloha. Megaproyek senilai Rp 332 miliar itu ditargetkan selesai dalam waktu 18 bulan. Atau akan berakhir bulan April 2024 mendatang. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: