Tarian Kilin sambut Imlek

Tarian Kilin sambut Imlek

TIGA KILIN menari pada tonggak-tonggak besi di halaman SD Warga, Solo, Kamis, 19 Januari 2023.-Adek Berry-AFP-

KILIN, binatang mitologis dalam budaya Tiongkok, itu datang ke Solo. Menari-nari. Beratraksi pada tonggak-tonggak besi.

Penggalan atraksi barongsai itulah yang memeriahkan perayaan Imlek di SD Warga, Jebres, Solo, Kamis, 19 Januari 2023.

Anak-anak, yang seluruhnya berpakaian merah, menyambut dengan gairah. Terutama saat barongsai itu mendekat ke mereka. Dengan sigap, anak-anak itu mengulurkan amplop merah ke mulut kilin. Hong bao (angpau). Sebagai tanda syukur. Juga ucapan terima kasih.


ANAK-ANAK MENONTON penampilan kelompok barongsai Tripusaka di halaman SD Warga, Solo-Adek Berry-AFP-

Barongsai itu bukan satu-satunya pertunjukan di SD yang memang kerap menggelar peringatan agama yang beragam tersebut. Ada pula fashion show, lagu dan tari, aksi atlet wushu, hingga pelepasan burung. Yang asyik adalah gunungan kue keranjang. Jumlahnya 600 buah. Kue itu lantas dibagikan kepada para murid kelas 1-6 yang berjumlah 430 orang. Sisanya dibagikan ke warga sekitar.

Memang, SD Warga punya sejarah panjang di Solo. Berdasar catatan resmi website sekolah, ia didirikan oleh Mayoor Be Kwat Koen pada 30 November 1904. Awalnya bernama Tiong Hoa Hwee Kwan, sekolah khusus untuk warga Tionghoa. Seiring pergolakan zaman, THHK ditutup. Berganti menjadi SD Warga.

Perayaan tersebut adalah yang pertama dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya, sama sekali tak ada kegembiraan menyambut tahun baru Tiongkok tersebut. Pandemi Covid-19 membuat semuanya harus berhenti… (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: