Bulan Depan Manado Banjir Turis Tiongkok

Bulan Depan Manado Banjir Turis Tiongkok

Presiden Joko Widodo disambut para pelajar saat berkunjung ke Kawasan Wisata Bunaken di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada Jumat, 20 Januari 2023-Setpres Rusman-

JAKARTA, HARIAN DISWAY- RAKYAT Tiongkok baru bebas dari kebijakan lockdown Covid-19 sejak akhir tahun lalu. Mereka sudah bisa melancong ke luar negeri. Termasuk ke Indonesia. Presiden Joko Widodo pun memprediksi turis Tiongkok bakal membanjiri wilayah Manado, Sulawesi Utara, pada Februari. 

”Kita membuka untuk turis semua negara, tanpa terkecuali. Termasuk dari Tiongkok,” kata Jokowi saat mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken, Sulawesi Utara, pada Jumat, 20 Januari 2023. Dari laporan yang diterimanya, ada 3-4 pesawat asal Tiongkok yang akan kembali mendarat bulan depan. Termasuk ke Manado.

Menurut Jokowi, Tiongkok kini tengah sibuk memerangi pandemi Covid-19. Namun, ia tak khawatir lantaran para turis pun sudah melalui prokes sejak dari negara masing-masing. Apalagi, imunitas masyarakat sudah mencapai 98,5 persen. Artinya, sudah lebih kebal.

Pemerintah juga tengah mempersiapkan kawasan wisata Likupang untuk menjadi ”Bali baru” di Indonesia. Sekarang masih terus mempercepat perbaikan infrastruktur. Sebab, termasuk kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata. 

”Sehingga Manado, Sulawesi Utara, betul-betul menjadi sebuah tujuan wisata prioritas. Utamanya di sini memang turis dari Tiongkok,” kata Jokowi. Maka, pemerintah menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung. Salah satunya, mendirikan berbagai homestay bagi para wisatawan di Bunaken. Sebanyak 50 unit homestay yang sekaligus kafe dan 49 unit homestay didirikan.

Penataan Kawasan Wisata Bunaken yang dianggarkan sebesar Rp 24 miliar itu meliputi beberapa sektor. Mulai pembangunan dermaga, galeri wisata, panggung teater budaya, tempat pengolahan sampah (TPS), hingga penataan kawasan kumuh. 

Jokowi tiba di Dermaga Pulau Bunaken pada pukul 09.20 Wita. Ia langsung disambut ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA dengan menyanyikan lagu Kota Manado yang Kucintai. Lagu itu sebagai media bercerita tentang kecintaan warga Manado terhadap kota mereka. Jokowi pun tampak bercengkerama dan sempat berfoto bersama dengan para pelajar tersebut. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: