Ditarget Tinggi, DJP Jatim II Terapkan Reformasi Perpajakan

 Ditarget Tinggi, DJP Jatim II Terapkan Reformasi Perpajakan

Kepala Kanwil DJP Jatim II, Agustin Vita Avantin paparan dalam media briefing di Monstero Fishing Park, Sidoarjo, Rabu, 25 Januari 2023.-Eko Setyawan-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- SEPANJANG 2022, penerimaan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal pajak (DJP) Jawa Timur II cukup memuaskan. Sebab, perolehan pajaknya lebih tinggi daripada target yang ditentukan pemerintah pusat.

Target yang ditentukan Rp 23,073 triliun dan Kanwil DJP Jatim II bisa mencapai dengan baik. Perolehan pajak mereka Rp 26,471. Artinya, ada peningkatan 114,73 persen. Per tanggal 31 Desember 2022.

Padahal, jauh sebelumnya mereka pun belum pernah mencapai target sebaik itu. Misalnya, pada 2021. Hanya bisa mencapai Rp 12,81 triliun. Atau hanya 57,69 persen dari target yang telah ditentukan Rp 22,21 triliun. Per bulan September 2021.

Selama tujuh tahun ke belakang juga sama. Belum mampu mencapai target yang sama dengan 2022. Alasannya beragam. Misalnya, kurangnya pemahaman wajib pajak (WP) terkait perpajakan. Pun, karena belakangan sempat diterjang masa pagebluk. Selama tiga tahun lalu.

Hal itu dibeberkan Kepala Kanwil DJP Jatim II Agustin Vita Avantin dalam brifing media di Monstero Fishing Park, Sidoarjo, Rabu, 25 Januari 2023. ”Per tanggal 31 Desember 2022 itu, kami bisa melampaui target sebaik itu,” kata Agustin. 

Target berikutnya sudah menanti. Kanwil DJP Jatim II diminta mampu memungut pajak pada 2023 sebesar Rp 26,21 triliun. Dari semua WP di 16 kantor pelayanan pajak (KPP) pratama dan 2 KPP madya. ”Kami tetap optimistis mampu kembali mencapai target. Karena sekarang pertumbuhan ekonomi mulai membaik,” ujar Agustin.

Pihaknyi juga akan lebih getol dan menerapkan berbagai strategi. Di antaranya, pengawasan. Baik terhadap WP strategis maupun WP kewilayahan. Juga, akan terus berupaya dalam kegiatan pemeriksaan, tindakan penagihan, dan penegakan hukum berupa pemeriksaan bukti permulaan (bukper). 

”Nah, sekarang akan fokus melaksanakan reformasi perpajakan. Melalui berbagai pilar. Yakni, organisasi, SDM, IT dan basis data, proses bisnis, serta peraturan perundang-undangan,” ujar Agustin.

Agustin menuturkan, bukan hanya penerimaannya yang meningkat. Tapi, juga dari segi penyampaian SPT tahunan. Dari total 857.434 yang ditargetkan, sebanyak 863.671 SPT tahunan telah disampaikan WP. ”Ini pun melampaui dari targetnya. Sebesar 100,7 persen,” kata perempuan yang mulai menjabat sebagai kepala Kanwil DJP Jatim II pada April 2022 itu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: