Cheng Yu Pilihan Co-Founder Komunal Rico Tedyono: Fu Wei Ji Kun

Cheng Yu Pilihan Co-Founder Komunal Rico Tedyono: Fu Wei Ji Kun

Cheng Yu Rico Tedyono--

PERJALANAN meraih cita-cita tidak akan mulus senantiasa. Akan banyak aral –yang menyiksa fisik dan psikis– melintang di mana-mana. Namun, asal tidak berhenti, kelak pasti kesampaian juga. 

Masalahnya, tak sedikit orang yang telah berusaha mati-matian, tetapi akhirnya memilih angkat tangan lantaran terbentur oleh terbatasnya keuangan. Betul, uang tidak akan dibawa mati. Tapi, mesti diakui, kalau tidak punya uang, susahnya setengah mati. 

Barangkali inilah mengapa kita masih sering menjumpai mereka yang sukses cuma muter-muter di orang-orang itu saja. Alias yang memang sudah kaya dan berjejaring kuat dengan lingkaran elite sejak buyutnya.

Untungnya, ada Rico Tedyono yang terus mencari cara untuk bisa mengatasi problem tersebut. Melalui Komunal, perusahaan fintech peer-to-peer lending di mana Rico adalah co-founder sekaligus COO-nya, ia bersama kawan-kawannya mengupayakan penyaluran talangan dana kepada para pelaku UMKM demi pengembangan perekonomian masyarakat menengah ke bawah di Indonesia.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan dr Arif Budiman Susatya SpAn: Ren Ming Guan Tian

Kabarnya, selama 2022 kemarin, Komunal berhasil menyalurkan simpanan dan pinjaman sebesar USD 230 juta (sekitar Rp 3,6 triliun) ke BPR dan UMKM lokal. Mencatatkan pertumbuhan sebesar 350 persen dibandingkan tahun 2021 (YoY) yang jumlah simpanan dan pinjaman tersalurkannya ialah USD 50 juta (atau setara dengan Rp781 miliar). Prediksinya, volume transaksi pada 2023 akan melebihi USD 500 juta.

Dengan adanya Komunal, diharapkan UMKM kita bisa makin berkembang. Syukur-syukur, apa yang dicita-citakan para pendiri bangsa kita --berupa "keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia"-- bisa benar-benar tercapai karenanya. Rico yang berjiwa "扶危济困 fú wēi jì kùn" (menolong yang tertimpa musibah dan yang kesusahan), jelas menginginkan demikian pula. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: