PPKM Dicabut, Proyek Nasional Dikebut

PPKM Dicabut, Proyek Nasional Dikebut

Pekerja merangkai Craine untuk persiapan pembangunan Fly Over Juanda 18 Januari 2023.-Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- SETIAP pagi hingga siang selalu terlihat pekerja yang sibuk dengan alat berat di Bundaran Aloha, Sidoarjo. Pembangunan flyover Aloha itu dimulai pada 18 Januari. Termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN) yang diatur dalam Perpres No 80 Tahun 2019.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, 30 PSN akan terealisasi pada 2023. Nilai investasinya mencapai Rp 360 triliun. Itu buntut dari dicabutnya kebijakan PPKM pada Desember 2022.

Bahkan, telah ditetapkan 10 PSN baru pada akhir tahun lalu. Di antaranya, pembangunan Pelabuhan Terminal Peti Kemas Muaro Jambi, kawasan industri Tanjung Sauh di Kepulauan Riau, serta pengembangan biofuel dari metanol dan etanol di Bojonegoro. 

Pembangunan terus dikebut. Mengingat, selama tiga tahun belakangan anggaran negara terkonsentrasi pada penanganan pandemi Covid-19. ”Pemerintah juga akan mendorong revisi terhadap turunan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Cipta Kerja,” jelasnya saat konferensi pers virtual di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 30 Januari 2023.

Revisinya menyangkut perizinan berusaha berbasis risiko. Terutama yang berbasis perizinan dasar, yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang, persetujuan bangunan gedung, dan analisis mengenai dampak lingkungan.

”Pemerintah akan terus melakukan hal-hal di bottleneck perizinan agar investasi masih bisa berjalan dengan baik,” ujarnya. Selain itu, Airlangga menyoroti persoalan dana sektor swasta yang masih mengendap di perbankan. Ia meminta agar dana itu segera direalisasikan.

Pencabutan kebijakan PPKM juga memberikan dampak signifikan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebulan setelah kebijakan dicabut, sejumlah indikator pariwisata mengalami kenaikan. Itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangannya di kantor presiden, Jakarta, kemarin.

Salah satunya, tingkat hunian kamar mencapai 80 sampai 90 persen di beberapa destinasi favorit. Bahkan, Bandung, Yogyakarta, dan Bali mencapai angka 100 persen.

Sandiaga pun menaikkan target pasar turis asing pada tahun ini. Harus tembus 7,2 juta turis asing. Tentu didukung dengan penambahan jumlah penerbangan. Selain itu, pemerintah berupaya mempercepat pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. 

”Tadi Bapak Presiden memberikan arahan agar pembangunannya dipercepat sehingga terciptalah peluang usaha dan lapangan kerja,” jelasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: