1 Abad NU, Surabaya-Gresik Bantu Sidoarjo

1 Abad NU, Surabaya-Gresik Bantu Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor Ali (tiga dari kiri) bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kiri) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ( kanan) melihat persiapan perhelatan 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.-FOTO: HAIKAL ISMAIL--HARIAN DISWAY-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Beruntungnya  Sidoarjo menjadi tempat perhelatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) pada Selasa, 7 Februari 2023. Acara yang dipusatkan di GOR Sidoarjo itu akan dihadiri 400 ulama tanah air maupun luar negeri dan 1 juta jamaah.

Ketua PWNU Jatim Marzuqi Mustamar meminta doa restu warga Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo). "Kami mewakili para pengurus NU, warga NU Jawa Timur, dan para masyayikh untuk nyuwun sewu," kata Marzuqi Mustamar, ketua PWNU Jatim, Minggu, 5 Februari 2023.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Sabiilul Rosyad, Kota Malang itu juga mengajak seluruh warga nahdliyin agar berbondong-bondong ikut meramaikan acara ulang tahun ke 100 tahun NU tersebut. "Ayoo, kita tabarruk. Ngalap berkah. Hadir di sini bersama-sama para wali, habaib, dan banyak ulama Internasional juga," ajak Marzuki. "Tapi, bagi yang berhalangan hadir. Mohon dengan sangat bisa menggelar selamatan di masjid atau di langgar wilayahnya masing-masing. Senin malam, 6 Februari 2023. Habis salat magrib," lanjutnya.

BACA JUGA:BMKG Prediksi Sidoarjo Hujan di Peringatan 1 Abad NU 7 Februari 2023, Jangan Lupa Bawa Payung

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, dari data yang masuk, akan ada 1,1 juta jamaah yang hadir di Sidoarjo. Lalu ada 480 ribu nasi bungkus yang siap menjamu tamu. "Saya mengucapkan terima kasih. Menandakan masyarakat Sidoarjo guyub, rukun, dan memahami," ujar Gus Muhdlor.

Ia memberikan apresiasi atas dukungan kepala daerah lain, khususnya dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Dua kepala daerah itu membantu dengan mengerahkan petugas di lapangan. Baik terkait tenaga medis maupun keamanannya.


Pasukan pengamanan melakukan geladi di GOR Sidoarjo.-FOTO: HAIKAL ISMAIL--HARIAN DISWAY-

Surabaya menerjunkan petugas Linmas, Satpol PP, Dishub, dan 200 armada ambulans lengkap dengan tenaga medisnya. Pun menerjunkan 50 unit truk sampah dan toilet portable. "Kami akan lakukan dukungan secara penuh. Pun bagi 15 ribu jamaah yang akan hadir kami fasilitasi dengan kendaraan, serta konsumsinya," ujar Eri.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyatakan, 1 abad NU adalah sumbangsih antar ketiga kepala daerah di Surabaya Raya. "Tentu dari kami tidak jauh berbeda. Rewang bareng. Sebanyak 100 ribu jamaah yang akan hadir ke Sidoarjo kami fasilitasi. Intinya semua ingin acara 1 abad NU sukses dan lancar," kata Yani.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: