Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Ilustrasi bangun tidur.-Ekaterina Bolovtsova-pexels.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pernah dengar istilah night owl dan early bird? Di mana istilah night owl disematkan kepada orang-orang yang lebih aktif di malam hari hingga larut, sementara early bird ditujukan kepada orang-orang yang lebih aktif di pagi hari menjelang sore.

Orang-orang night owl pula umumnya lebih suka bangun lebih siang ketimbang orang-orang early bird yang memulai aktivitasnya di pagi hari. Hal tersebut tentu saja bermanfaat bagi orang-orang yang dituntut aktif di malam hari seperti satpam, pemadam kebakaran, polisi, dan lain-lain.

Namun, menjadi night owl yang lebih suka bangun siang dan terjaga hingga dini hari tentu memiliki tantangan kesehatan tersendiri, misalnya lebih mudah lelah atau berkurangnya daya konsentrasi.

BACA JUGA:Open House Tjap Go Meh Harian Disway; Hangatnya Pertemuan Disway Family

BACA JUGA:Open House Tjap Go Meh Harian Disway, Pesan Kebersamaan nan Harmonis

Jika Anda adalah satu dari sekian banyak orang-orang yang lebih suka bangun siang dan terjaga hingga larut malam, Anda harus tahu fakta kesehatan satu ini.

Sering terdengar pernyataan bahwa bangun lebih pagi dapat membuat tubuh Anda lebih segar serta mampu meningkatkan daya konsentrasi otak. Agaknya tersebut ada benarnya. Seperti yang dijelaskan oleh Samantha Snowden, seorang pengajar meditasi mindfulness dari Headspace (aplikasi meditasi).

Dilansir dari laman Fortune.com, Snowden mengatakan, bangun lebih pagi dapat meningkatkan rasa percaya diri karena dengan demikian seseorang akan merasa membuat suatu pencapaian. Dikejar dengan rasa buru-buru akibat bangun lebih siang hanya akan memperburuk tingkat stres yang berbuntut dampak negatif pada kesehatan mental.

Selain itu, Dr. Nikole Benders-Hadi, seorang psikiater berbasis di New York dan direktur kesehatan mental di Included Health sependapat dengan Snowden.

“Rasanya seperti selalu merasa tertinggal dalam sebuah perlombaan yang tidak mungkin Anda menangkan. Di mana hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental,” jelas Benders-Hadi.

Namun, jika Anda sudah terlanjur terbiasa bangun lebih siang dan memutuskan untuk beralih bangun lebih awal, ada baiknya hal-hal berikut perlu diingat.

BACA JUGA:Belum Rilis, Game Harry Potter Hogwarts Legacy Kena Boikot, J.K. Rowling Dianggap Transfobik

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Founder Museum d'topeng Reno Halsamer: Lang Zi Hui Tou Jin Bu Huan


Ilustrasi tidur.-canva-Batasi jumlah aktivitas setelah bangun pagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: