Kegelisahan Mahasiswa Semester Tua dan Overdosis Informasi

Kegelisahan Mahasiswa Semester Tua dan Overdosis Informasi

Mahasiswa Ilkom Universitas Trunojoyo Madura Alfian Nur Riski peserta DIP Batch III.-Dok Pribadi-

Cemas tidak bisa menjawab pertanyaan dosen penguji skripsi. Berbagai pikiran jahatmu itu bakal buatmu takut melangkah. Terhenti karena ketakutan yang kamu buat sendiri. Bayangan mengerikan yang kau buat perihal kejadian kedepan itu harus dikurangi. Kamu tidak sendirian, aku pun kadang sepertimu. 

Mari kita sedikit menyelisik pemikiran salah seorang filsuf Stoa/Stoikisme. Lucius Annaeus Seneca atau yang lebih akrab kupanggil Pak Seneca.

Ia pernah berkata, “Kita lebih sering merasa takut daripada terluka dan kita lebih menderita karena imajinasi daripada kenyataan”.

Kebanyakan orang lebih tersiksa dengan pikirannya dibanding kenyataan, kadang kala kita terlalu dalam mengkaji suatu masalah.  Memikirkan bagaimana jika nanti semua hal tidak berjalan sesuai rencana. Pikiran itu akan menyiksa kita. Padahal bisa jadi pikiran jahat kita pada sesuatu yang belum terjadi itu salah dan tak terjadi.

Kita tidak harus melulu hidup di masa depan dengan memikirkan berbagai hal yang belum terjadi. Mari hidup di masa sekarang, lakukan dan usahakan dengan baik apa yang sedang kita hadapi. Maka segala keberuntungan akan datang menghampiri.

Alfian Nur Riski

Disway Internship Program III

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: