Para Artis yang Tampil di Super Bowl Rela Tidak Dibayar, Ini Alasannya

Para Artis yang Tampil di Super Bowl Rela Tidak Dibayar, Ini Alasannya

RIHANNA dan baby bump-nya tampil di Super Bowl Halftime Show 2023 di State Farm Arena, Glendale, Arizona, Senin, 13 Februari 2023.-Gregory Shamus-Getty Images via AFP-

LOS ANGELES, Harian Disway - RIHANNA mengejutkan penggemarnya dengan penampilan spektakuler di Super Bowl LVII Halftime Show, Senin pagi WIB, 13 Februari 2023 kemarin. Super Bowl adalah final liga American football paling populer sejagat, yakni NFL. Sedangkan, halftime show adalah pertunjukan hiburan saat jeda parowaktu. Yakni antara kuarter kedua dan ketiga.

Selama Super Bowl, penyelenggara mendapat pemasukan dari berbagai penjuru. Mulai dari tiket penonton (yang mencapai 72 ribu lembar), serta penjualan hak siar yang luar biasa mahalnya. Para pemain pun sering mendapat bonus jutaan dolar dalam sekali penampilan.

Ironisnya, hal yang sama tidak dinikmati para musisi yang tampil di halftime show. Ya, mereka—termasuk Rihanna kemarin—tidak mendapat bayaran sepeser pun. Padahal, para penyanyi yang tampil di sana selalu kelas A. Antara lain Lady Gaga, The Weeknd, hingga Jennifer Lopez dan Shakira.

’’Mereka memang tidak dibayar,’’ kata juru bicara NFL Joanna Hunters kepada Forbes pada 2016. ’’Sebagai gantinya, kami menanggung semua biaya yang dikeluarkan untuk pertunjukan,’’ tambah dia.  

Wakil Presiden Bidang Komunikasi NFL Brian McCarthy kepada Newsweek merinci biaya yang ditanggung penyelenggara. Semua yang terkait kebutuhan show, ditanggung. Termasuk akomodasi artis, pembuatan properti panggung, hingga fee untuk para penari latar yang jumlahnya ratusan itu.

Lalu, apa keuntungan yang didapatkan para artis dari tampil di Super Bowl? Exposure tentu saja. Super Bowl adalah acara superakbar, yang exposure-nya gila-gilaan. Bahkan lebih besar dari konser mana pun. Penontonnya luar biasa banyak. Tak hanya yang datang di stadion. Tapi juga yang menyaksikannya lewat layar kaca.

Menurut Nielsen dan data streaming NBC, Super Bowl tahun lalu ditonton oleh 112,3 juta permisa. Sedangkan Los Angeles Times melaporkan bahwa pertandingan tahun ini diprediksi akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi meskipun belum ada jumlah pasti.



Penampilan Dr. Dre, Snoop Dogg, Eminem, Kendrick Lamar, dan Mary J. Blige saat Super Bowl Halftime Show 2022--The New York Times

Mary J. Blige, Snoop Dogg, Dr. Dre, Kendrick Lamar, dan Eminem sebagai pengisi acara edisi 2022 turut merasakan ''kesaktian'' Super Bowl. Ada lonjakan pada penjualan musik mereka setelah tampil di Super Bowl LVI. Apalagi, Snoop Dogg dan Mary J. Blige sama-sama merilis album beberapa hari sebelum Super Bowl. Penjualan musik mereka meroket masing-masing 143 persen dan 132 persen.


Penampilan The Weeknd saat Super Bowl Halftime Show 2021--Good Morning America

Peningkatan jumlah pendengar bahkan bisa lebih tinggi jika performer tidak berbagi panggung dengan musisi lain. Contohnya, The Weeknd. Ia menjadi pengisi acara Super Bowl 2021. Menurut Billboard, penjualan musik The Weeknd melonjak hingga 385 persen setelah penampilannya Raymond James Stadium, Tampa, Florida, saat itu.

Tak hanya itu. Jumlah streaming lagunya di Spotify dan Apple Music pun juga mengalami peningkatan hingga 41 persen. The Weeknd yang dikabarkan merogoh kocek pribadi hingga USD 7 juta (setara dengan Rp 106,2 juta) untuk penampilannya di Super Bowl tentu tidak akan merasa sia-sia.

Hal serupa juga terjadi pada Rihanna. Pada akhir 2022, dia sudah dihubungi oleh pihak Apple TV, sponsor Super Bowl. Dia diminta memproduksi film dokumenter yang menceritakan tentang perjalanan dia menuju Super Bowl 2023. Nah, untuk itu, Rihanna harus mengeluarkan uang pribadi. Namun, Melihat timbal balik yang didapatkan, tak heran jika para artis rela tak dibayar untuk tampil di acara bergengsi tersebut. (Alifia Kamila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: