Tips Nugas dan Kerja Pakai Google Docs

Tips Nugas dan Kerja Pakai Google Docs

Ilustrasi laptop dan halaman situs Google-Caio-pexels.com

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Teknologi penyimpanan file secara online atau dikenal dengan istilah cloud storage memudahkan kita untuk mengakses data di mana pun, kapan pun, selama ada jaringan internet yang terkoneksi. 

Terlebih, sekarang hampir seluruh jenis pekerjaan terintegrasi dengan internet. Membuat pekerjaan kita lebih mudah dan cepat diakses.

Salah satu dari sekian banyak platform yang menggunakan cloud storage yang umum digunakan oleh kalangan pelajar dan pekerja adalah Google Docs.

Kemudahaan dan sistem terintegrasi yang ditawarkan oleh Google Docs tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa platform berbagi file tersebut lebih disukai dibanding aplikasi sejenisnya.

Namun, beberapa fitur yang memudahkan pengerjaan pengguna tidak semuanya akan tampak di depan mata ketika membuka halaman platform yang dikembangkan oleh raksasa teknologi asal California, Amerika Serikat (AS) itu.

Seperti contoh, apabila Anda ingin menggarisbawahi teks dengan opsi undeline atau menebalkan teks dengan opsi bold, opsi tersebut bisa Anda temukan di atas dokumen yang sedang Anda sunting.

Namun, jika Anda ingin mengakses opsi strikethrough, superscript, dan subscript Anda harus melakukan cara di bawah ini:

1. Highlight teks yang ingin Anda sunting,

2. Cari tab Format yang ada di atas dokumen,

3. Di tab Format tadi Anda akan menemukan opsi Text,


Tangkapan layar tampilan dokumen Google Docs-Radinka Daynara-dok. Istimewa

Setelah melakukan tiga langkah tersebut, Anda akan menemukan banyak opsi pengaturan teks di opsi text. Salah satunya pengaturan teks standar seperti Bold, Italic, Underline, Strikethrough, Subscript, dan Superscript.

Anda juga bisa mengubah ukuran font teks Anda dan mengubah semua huruf kapital menjadi huruf kecil. Jika Anda sedang keburu-buru, sudah tersedia shortcut masing-masing opsi yang bisa Anda hapalkan jika diperlukan.

Google docs juga bisa dikerjakan secara paralel di berbagai gawai. Misalnya laptop anda mati. Pekerjaan bisa dilanjutkan melalui smarphone. (Radinka Daynara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the verge