Berhati Mulia, Inilah Deretan Aktor dan Aktris Korea yang Berdonasi untuk Korban Gempa Turki-Syria

Berhati Mulia, Inilah Deretan Aktor dan Aktris Korea yang Berdonasi untuk Korban Gempa Turki-Syria

Shin Minah (kiri) dan Park Seojoon (kanan) yang turut berdonasi untuk korban gempa Turki dan Suriah--

Kabar gempa di Turki dan Syria menyita perhatian seluruh warga dunia. Kabarnya, hingga Senin, 13 Februari 2023, gempa tersebut telah menelan 33 ribu korban jiwa. Para selebriti pun terketuk hatinya untuk membantu meringankan beban para korban. Termasuk para aktor dan aktris Korea yang berlomba-lomba memberikan donasi.

1. Shin Min-ah


Shin Minah--

Melihat situasi yang terjadi di Turki dan Suriah, aktris yang terkenal akan lesung pipi itu tak tinggal diam. Dilansir dari StarNews Korea, Hope Bridge National Disaster Relief Association mengumumkan bahwa Shin Min-ah telah menyumbangkan KRW 50 juta, atau sekitar Rp 600 juta untuk membantu para korban gempa di Turki dan Syria.

’’Shin Min-ah berharap, tidak ada kerusakan yang lebih besar terjadi di daerah-daerah yang terdampak gempa,’’ begitu pernyataan agensi Shin Min-ah, AM Entertainment, yang dikutip Soompi. ’’Dia memberikan dukungan untuk para korban yang kehilangan rumah akibat gempa besar yang tiba-tiba itu,” lanjut pernyataan tersebut. Selama lebih dari 10 tahun, Shin Min-ah dikenal sebagai salah seorang aktris yang gemar berdonasi. Bintang Hometown Cha-Cha-Cha itu bahkan menyumbang untuk anak-anak korban Covid-19 setiap tahun.

2. Hyeri


Hyeri--

 

Sama dengan Shin Min-ah, Hyeri menyisihkan penghasilan sebesar KRW 50 juta untuk membantu korban gempa. Aktris sekaligus idol yang terkenal berkat peran di Reply 1988 itu mengirimkan donasi melalui UNICEF. Hyeri memang sering menyumbangkan donasinya melalui badan PBB untuk anak-anak itu. Sehingga bergabung ke dalam duta kehormatan UNICEF.

’’Saya mendengar bahwa korban gempa bumi di Turki dan Syria sangat membutuhkan bantuan darurat,’’ kata Hyeri. Dia menambahkan, dirinya tidak mungkin langsung mendanai fasilitas perlindungan dasar. Seperti mendirikan pengungsian atau penyediaan makanan dan air minum untuk anak-anak yang kehilangan rumah.

’’Namun saya berharap donasi ini dapat membantu kegiatan UNICEF. Semoga lebih banyak orang lagi yang akan tertarik (membantu),’’ pungkas Hyeri.


3. Im Si-wan


Im Siwan--

 

Bintang Run On, Im Si-wan, tak mau kalah. Melalui Hope Bridge National Disaster Relief Association, ia menyumbangkan KRW 10 juta atau sekitar Rp 120 juta rupiah. Kabar itu dibenarkan oleh agensina Plum A&C. ’’Im Si-wan ikut berdonasi, dengan harapan banyak orang akan bergabung dengannya dalam membantu para korban bencana di dua negara yang saat ini mengalami kesulitan.’’ Begitu bunyi pernyataan perwakilan Plum A&C.

 

Ini bukan kali pertama Im Si-wan melakukan aksi kemanusiaan tu ini. Sebelumnya, aktor yang akan bermain di film Road to Boston itu juga sering menyisihkan sebagian penghasilannya untuk yang lebih membutuhkan. Salah satunya, korban banjir di Korea tahun lalu.

4. Park Seo-joon

 


Park Seojoon--

Sudah ganteng, dermawan pula. Itulah Park Seo-joon. Berdasarkan keterangan Komite Korea untuk UNICEF, Park Seo-joon mendonasikan dana sebanyak KRW 100 juta atau setara dengan Rp 1,2 miliar. Selain untuk membantu anak-anak terdampak gempa, dana yang disumbangkan pun akan digunakan untuk proyek bantuan darurat. Seperti sanitasi air dan pendidikan. Bukan kali pertama bintang Itaewon Class itu untuk membantu korban gempa. Pada 2015, ia berpartisipasi dalam kampanye bantuan darurat saat gempa di Nepal terjadi.

5. Kim Hye-soo


Kim Hyesoo--

Aktris senior Kim Hye-soo, yang juga terkenal akan kebaikan hatinya, turut menyumbangkan KRW 100 juta atau setara Rp 1,2 miliar untuk proyek bantuan darurat. Seperti pemberian nutrisi, air bersih dan sanitasi, pendidikan, dan perlindungan bagi anak-anak yang terkena dampak gempa di Turki dan Syria.

Kim Hye-soo menyumbangkan donasi melalui UNICEF. Aktris yang memerankan ratu dalam drama Under the Queen’s Umbrella itu juga dikenal sebagai duta untuk Komite UNICEF karena hobinya membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dia telah melakukan berbagai kegiatan amal bersama UNICEF.

Selain nama-nama di atas, masih ada aktor dan aktris lain yang turut menyisihkan sebagian harta untuk membantu korban gempa Turki dan Syria. Antara lain Kim Se-jeong, Han Ji-min, Kim Go-eun, Park Bo-young, Jang Geun-suk, dan Yoo In-na. (Alifia Kamila)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi