Sudah 10 Hari Pilot Susi Air Disandera OPM, TNI-Polri Bentuk Timsus

Sudah 10 Hari Pilot Susi Air Disandera OPM, TNI-Polri Bentuk Timsus

JAKARTA, HARIAN DISWAY -  Sudah 10 hari Pilot Susi Air disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM). Beredar foto Kapten Pilot Philips Max Martheins bersama para pemberontak 7 Februari 2023. Ia diculik di Bandara Paro, Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Personel TNI-Polri membentuk tim khusus untuk misi pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut. Bandara Paro berhasil dikuasai. Namun sang pilot masih disandera.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI M Saleh Mustafa mengatakan upaya persuasif dikedepankan. Terutama dengan tokoh OPM yang ada di kabupaten Nduga.

"Tim negosiasi sudah jalin komunikasi dengan pihak KKB, kita masih menunggu hasil negosiasi tersebut, namun ada batas waktu yang kita tetapkan agar masalah ini tidak berlarut-larut," ucap Saleh , Jumat, 17 Februari 2023.

Apabila negosiasi alot. Maka TNI-Polri bakal melaksanakan tindakan hukum "Kita sudah bentuk tim khusus yang terdiri dari pasukan elit baik dari TNI maupun dari Polri untuk lakukan penegakan hukum, namun tentunya dilakukan dengan tepat dan terukur serta tidak melanggar HAM," jelas Pangdam.


KKB pimpinan Egianus Kogoya sedang menunjukkan aksinya membakar pesawat Susi Air.-Instagram/@majeliskopi08-

Sikap Menkopolhukam Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengakui pilot Susi Air PK-BVY, Kapten Philips Max Mehrtens, disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Mahfud mengatakan Kapten Philips yang merupakan warga negara Selandia Baru belum dibebaskan.

"Sampai hari ini masih terjadi penyanderaan oleh sekelompok orang KKB di Papua, yang masih menyandera Kapten Pilot Philips Mehrtens yang belum dilepas," kata Mahfud dalam keterangan pers, Selasa, 14 Februari 2023.

Ia juga menyatakan bahwa pemerintah terus melakukan segala cara untuk menyelamatkan Kapten Philips yang diculik oleh KKB.

Pemerintah terus berkomunikasi dengan Pemerintah Selandia Baru terkait hal ini. Mahfud menegaskan, penyanderaan warga sipil tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun.


Beredar video KKB bersama pilot susi air, Rabu 15 Februari 2023.-Instagram-

“Upaya persuasif menjadi pedoman utama demi keselamatan sandera, tetapi pemerintah tidak menutup upaya lain," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: