Google Kembangkan Fitur Privacy Sandbox, Pengguna Android dan iOS Lebih Tenang

Google Kembangkan Fitur Privacy Sandbox, Pengguna Android dan iOS Lebih Tenang

Google Privacy Sandbox--privacysandbox.com

HARIAN DISWAY - Sekitar tahun lalu, Google mengungkapkan pihaknya tengah merombak fitur ad tracking (pelacakan iklan) guna meningkatkan privasi pengguna ponsel Android, setara dengan fitur App Tracking Transparency pada perangkat iOS milik Apple.

Bersamaan dengan rilisnya pratinjau pada awal April lalu, Google akan segera merilis fitur Privacy Sandbox versi beta untuk pengguna perangkat Android 13, memungkinkan developer dan pengguna untuk menguji teknologi fitur tersebut secara nyata.

Sementara ini hanya pengguna perangkat terpilih saja yang bisa menikmati fitur percobaan itu. 

Privacy Sandbox pada perangkat Android berfungsi sebagai alat standarisasi pengiklan dan situs internet untuk mengakses informasi dari konsumen tanpa harus melanggar privasi.

Saat ini, seluruh perangkat Android memiliki Android Advertising ID yang bisa disetel ulang oleh masing-masing pengguna di mana dulunya digunakan untuk melacak kebiasaan pengguna untuk merancang profil iklan personal yang bisa diakses oleh pengembang aplikasi.

BACA JUGA:Awas Kena Hack! BSSN Ungkap Bahaya Aplikasi SocialSpy bagi Pengguna WhatsApp

BACA JUGA:WhatsApp Update Fitur Longer Group Information, Tulis Deskripsi Tak Perlu Disingkat Lagi!


Ilustrasi laptop dan halaman situs Google-Caio-pexels.com

Tujuan dari Privacy Sandbox antara lain untuk menggantikan fitur Advertising ID dengan API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) yang ramah privasi. Google mengklaim akan membatasi akses data pengguna yang dibagikan dengan pihak ketiga sambil tetap mendukung iklan yang dipersonalisasi.

"Privacy Sandbox beta menyuguhkan API terbaru yang dirancang untuk melindungi privasi pengguna tanpa menggunakan identifier yang bisa melacak aktivitas pengguna di internet," jelas Wakil Presiden Google, Anthony Chavez.

Pengguna yang terpilih dapat mengubah minat pribadi (personal interest) yang digunakan oleh pengiklan. Pengguna dapat memilih dan memblokir topik yang tidak mereka suka di opsi Privacy Sandbox pada pengaturan perangkat.

Ke depannya, fitur Privacy Sandbox akan tersedia bagi seluruh perangkat Android. Untuk Anda yang belum kebagian giliran, mohon bersabar, ya! (Radinka Daynara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the verge