Kementan dan Kemenparekraft Jembatani UMKM ke Accor Group Hotel

Kementan dan Kemenparekraft Jembatani UMKM ke Accor Group Hotel

FOTO bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limbo dengan Accor Group setelah menandatangani surat kerja sama dengan pelaku UMKM, Rabu, 15 Februari 2023.-Moch Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pameran City of ALL yang digelar di Surabaya dibarengi oleh kerja sama Accor Group dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur.

 

Rabu, 15 Februari 2023, Accor Group menggelar acara launching City of Accor Live Limitless (ALL) di Surabaya. Menggandeng  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraft) dan Kementerian.

 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadir langsung ke Atrium Tunjungan Plaza 3. Sedangkan Menparekraft Sandiaga Uno bergabung secara virtual.

 

Kolaborasi Accor Group dengan Kementerian Pertanian dilakukan dengan mengusung produk-produk dari UMKM Jawa Timur untuk dipakai di hotel-hotel yang tergabung di Accor Group. Penandatanganan kerja sama dilangsungkan di atas panggung bersama dengan Accor Group Hotel. 

 

Acara ini juga dihadiri oleh Biro Perekonomian Jawa Timur, Budi Raharjo sebagai perwakilan dari Gubernur Provinsi Surabaya, Khofifah Indar Parawansa yang berhalangan hadir. 

 

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Accor Group atas kolaborasi mereka dengan Menteri Pertanian. Kolaborasi ini adalah bentuk dari kemampuan Indonesia untuk melakukan hilirisasi terhadap produk-produk lokal. 

 


SYAHRUL Yasin Limpo, Menteri Pertanian Republik Indonesia mencicipi cokelat hasil produksi UMKM Jawa Timur.-Moch Sahirol Layeli-

 

"Accor Group telah mengambil alih sedikit tanggung jawab dari kita semua, termasuk pemerintah untuk mendekatkan UMKM, khususnya pertanian. Pada peralihan kedepan yang dilakukan secara global," ucapnya. 

 

Ada 7 UMKM yang bergabung dengan Accor Group, antara lain PT. Pangan Adi Kirana Surabaya, Penelitian Kopi dan Kakao dari Jember, Glen Choco dari Doesoen Kakao, Banyuwangi,  Rumah Cokelat Bodag Madcho dari Madiun, House of Chocolate Tig Co dari Trenggalek, Cokelat Majapahit dari Mojokerto, dan PT. Kakao Bhinneka Sejahtera Moodco Fine Chocolate dari Kota Batu. 

 


PRODUK UMKM Jawa Timur yang bekerja sama dengan Accor Group.-Moch Sahirol Layeli-

 

Menurutnya, Indonesia punya banyak potensi mengeluarkan banyak produk-produk pertanian lokal dengan kondisi alam yang membantu. Syahrul juga mengatakan akan ada 3 program kerja dari pemerintah yang akan mengiringi jalannya UMKM. 

 

"Kita persiapkan dengan pelatihan-pelatihan personil yang lebih baik, cara mengemasnya, cara higienitasnya agar lebih siap. Yang kedua mempersiapkan modal-modal kerja, kredit usaha. Yang ketiga adalah dari jajaran kementerian pertanian dan koperasi melakukan asistensi bersama dengan UMKM. Dengan harapan kualitas produk-produk kita bisa premium," ujarnya. 

 

Garth Simmons, CEO Accor Southeast Asia, Japan, and South Korea pada sambutannya juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kerjasama yang telah dilaksanakan. 

 

Merry Sujiati, pemilik Moodco  mengungkapkan harapannya atas penandatanganan kerja sama yang telah ia lakukan dengan Accor Group. 

 

"Harapan kedepannya yang pasti ada kerjasama berkelanjutan. Jadi tidak hanya bussiness to bussiness, tapi juga dengan produknya. Barangkali Accor ingin membuat produk cokelat seperti ini, kami bisa membuatkan khusus untuk hotel," ungkapnya. (Ilal Muthoharoh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: