Kenali Tiga Bahan Pan Ini sebelum Membelinya

Kenali Tiga Bahan Pan Ini sebelum Membelinya

Berbagai jenis bahan dasar pan-google-openai.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Saat ini, mudah rasanya menjumpai berbagai jenis alat masak. Termasuk sebuah pan. Tersedia berbagai pilihan pan dari bahan-bahan yang berbeda. Bagaimana cara memilih pan yang tepat sesuai dengan kebutuhan rumah?

 

Memilih sebuah pan bisa jadi persoalan yang membingungkan bagi pemula dapur. Pemilihan jenis pan yang tepat sangat penting agar dapat menyajikan cita rasa, tekstur, dan hasil yang maksimal. Umumnya ada tiga jenis pan yang beredar di pasaran yaitu, pan nonstick, pan cast-iron, dan pan stainless steel. Simak perbedaan dan kegunaannya!

 


Pan nonstick-google-food network

 

Pan Nonstick atau yang sering dikenal dengan nama pan anti-lengket. Seperti namanya, pan ini memiliki lapisan anti-lengket yang mencegah bahan masakan menempel dan hangus di atas pan. Jenis ini cocok untuk pemula karena harganya yang relatif terjangkau.

 

Penggunaan anti-lengket lebih cocok untuk masakan yang bertekstur lembut seperti telur goreng, pancake, bubur, tahu, ikan lembut, dan bahan lainnya. Penggunaan untuk jenis asakan tinggi protein seperti ayam dan daging-dagingan tidak disarankan. Hal itu karena pan ini tidak mampu mengalirkan suhu panas yang optimal untuk masakan tersebut.

 

Perlu diingat karena fitur anti-lengket hanya sebatas bagian lapisan. Sangat disarankan untuk menggunakan spatula silikon atau kayu. Jangan lupa untuk langsung dibilas dan digosok dengan lembut saat membersihkan.

 


Pan cast iron-google-BBC Good Food

Cast-iron yang berarti besi cor. Pan yang berasal dari besi cor ini memiliki fungsi ganda. Selain bisa digunakan di atas kompor, cast iron pan juga bisa digunakan di dalam oven dengan aman. Memang harganya lebih mahal dari jenis nonstick karena umumnya pan dengan bahan besi cor bertahan lama.

 

Pan dari cast-iron dapat menghantarkan panas tinggi sehingga cocok untuk masakan daging, masakan manis-manis, hingga goreng-gorengan sederhana. Walau memang serbaguna, pemula tidak disarankan memilih cast-iron. Ini karena pan membutuhkan perawatan khusus sebelum dan setelah digunakan.


Pan stainless steel-google-food network

Stainless Steel Pan. Bahan ini juga dapat digunakan di atas kompor dan di dalam oven. Pan dengan besi stainless dapat dipakai untuk segala jenis masakan, mulai dari daging, sayur, hingga masakan lembut seperti bubur. Banyak orang yang enggan memilih stainless steel karena khawatir masakan akan lengket. Ternyata ada cara pencegahannya, lo!

Pertama, panaskan dulu pannya dengan tingkat kepanasan paling rendah. Kedua, tambahkan sedikit minyak untuk melapisi keseluruhan bagian dalam pan. Ketiga, masukkan bahan jika minyak sudah terlihat berkilau atau bergelembung. Keempat, balikkan masakan hanya saat permukaan bagian bawah dan samping terlihat kering.

 

Jangan khawatir jika terdapat sisa noda masakan yang menempel. Atasi noda dengan mencuci pan menggunakan scrub lembut dan bukan scrub besi.

 

Bagaimana? Mana yang akan Anda pilih? (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: