F1 Powerboat Bangga di Danau Toba

F1 Powerboat Bangga di Danau Toba

Pembalap powerboat mencoba lintasan di Danau Toba. -FOTO: Arek Rejs F1H2O-

TOBA HARIAN DISWAY - Masyarakat Indonesia boleh berbangga hati. Danau Toba yang menjadi venue F1 Powerboat World Championship dinilai sebagai venue terunik. Presiden F1H20 Nicolo Di San Germano pun sangat terkesan. Keindahan alam Danau Toba menjadi hadiah terindah setelah mimpi buruk pandemi Covid-19.

Rangkaian balapan perahu motor itu dimulai Jumat, 24 Februari 2023. Hari pertama, 20 pembalap dari 10 tim berkesempatan menjajal lintasan sepanjang 2,2 kilometer itu. Menurut Nicolo, Danau Toba mengingatkan pada venue pada 40 tahun silam. Tepat ketika Danau Como di Italia kali pertama menjadi ajang balap perahu cepat ini. 

"Tentu, ada alasan mengapa kita sekarang berada di Danau Toba. Di lokasi yang indah ini mengingatkan kita pada Como," jelasnya seperti dikutip dari laman resmi F1H20. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun mengusulkan agar F1 Powerboat bisa digelar di Danau Toba selama lima tahun berturut-turut. Usul itu rupanya disambut gembira oleh Nicolo. "Nicolo bilang tadi, kenapa hanya lima tahun, 50 tahun pun boleh," ujar Luhut saat konferensi pers, kemarin.

Luhut optimistis perhelatan kelas dunia ini bisa menjadi magnet besar untuk para wisatawan. Ia memprediksi  F1 Powerboat Danau Toba bisa mendatangkan 180 juta penonton melalui berbagai media. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: