Super Hercules TNI -AU Tercanggih di Asia Tenggara

Super Hercules TNI -AU Tercanggih di Asia Tenggara

Presiden Jokowi meresmikan kedatangan pesawat Super-Hercules A-1339 di Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, 8 Maret 2023. Didampingi Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Ketua Komisi I -FOTO: LUKAS-BPMI SETPRES-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - TNI Angkatan Udara punya pesawat angkut baru. Pesawat C-130J-30 Super-Hercules A-1339 diserahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 8 Maret 2023. Penyerahan itu disaksikan oleh Presiden Joko Widodo.

Pesawat pabrikan Amerika Serikat Lockheed Martin itu bisa menampung beban 19,9 ton. Juga mampu membawa 98 pasukan penerjun atau 128 pasukan nonpenerjun. "Super-Hercules yang kita terima pada pagi hari ini adalah pesawat yang sangat canggih, tadi saya sudah masuk," kata Jokowi


Jokowi mencoba merasakan duduk di kursi pilot pesawat Super-Hercules A-1339. -FOTO: LUKAS-BPMI SETPRES-

Jokowi sempat merasakan duduk di kursi pilot. Sedangkan Prabowo duduk di kursi co-pilot. Saat ini  TNI-AU memiliki 25 pesawat Hercules. Sebanyak 24 unit lainnya merupakan Hercules C-130 seri B dan H. Dioperasikan oleh skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, skuadron Udara 32, dan skuadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Pesawat Hercules TNI-AU memang telah menjadi tulang punggung. Baik dalam setiap operasi militer, pengiriman bantuan kemanusiaan, hingga penanggulangan bencana. Bahkan saat masa awal pandemi Covid-19, Hercules juga sempat digunakan mendistribusikan vaksin dan berbagai peralatan medis ke seluruh Indonesia.      


Bagian dalam badan pesawat Super-Hercules A-1339 yang mampu mengangkut 128 pasukan. -FOTO: LUKAS-BPMI SETPRES-

"Super Hercules ini juga bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena bisa terbang 11 jam,” jelas Jokowi. Akan ada lima pesawat sejenis.. Empat pesawat lainnya akan diterima pada bulan Juni 2023, Juli 2023, Oktober 2023, dan Januari 2024 nanti.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki pesawat angkut C-130J-30.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: