Cheng Yu Pilihan Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati: Duo Mou Shan Duan

Cheng Yu Pilihan Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati: Duo Mou Shan Duan

Cheng Yu Putu Ayu Saraswati--

PUTU Ayu Saraswati senantiasa percaya pada keputusannyi. Puteri Indonesia Lingkungan 2020 ini memang selalu mengusahakan yang terbaik, namun ketika merasa tidak mampu, dia tak akan segan untuk memilih tidak melanjutkannya.

Ayusa, demikian mononim yang biasa digunakan untuk memanggilnyi, barangkali adalah representasi dari orang yang diwejangkan Konfusius, "知之为知之,不知为不知,是知也" (zhī zhī wéi zhī zhī, bù zhī wéi bù zhī, shì zhī yě): kalau tahu bilang tahu, kalau tak tahu bilang tak tahu, itulah orang yang benar-benar tahu. 

"Whether I think I can or I cannot, I'm right," ujar Ayusa. Bisa atau tidak bisa, sama-sama tak masalah. Tak perlu memaksakan diri untuk sesuatu yang tidak bisa kita gapai. 

Yang penting, kita tak pernah berhenti berusaha sekuat tenaga. Sebagaimana dipesankan filsuf Dai Sheng 戴圣 dalam tafsirnya terhadap kitab Liji (礼记), "毙而后已" (bì ér hòu yǐ): baru berhenti berikhtiar jika sudah mati. 

Yang tak kalah krusial pula, tidak mudah putus asa dan percaya pada kemampuan diri kita. Yakinlah bahwa, tegas Ayusa, "I have an internal motivation in me to know I can succeed and have a well power."

Intinya, dalam mengerjakan apapun, Ayusa memegang teguh prinsip "多谋善断" (duō móu shàn duàn): memperbanyak usaha, membuat keputusan dengan mantap. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: