Saniharto Enggalhardjo, Perusahaan Mebel Papan Atas Asal Demak (2): Ajak Desainer Tanah Air Ikut Mendunia

Saniharto Enggalhardjo, Perusahaan Mebel Papan Atas Asal Demak (2): Ajak Desainer Tanah Air Ikut Mendunia

Harsono Enggalhardjo menunjukkan mebel karya perusahaannya kepada Dahlan Iskan di ruang display produk di lantai 2 pabrik Saniharto Enggalhardjo, Sayung, Demak. . -Foto: Mohamad Nur Khotib-Harian Disway-

Nama Saniharto sudah melangit. Berbagai produk mebelnya dikenal luas secara internasional. Yang mengagumkan lagi, orientasi bisnis mereka justru tetap membumi. Saniharto tak segan berkolaborasi dengan desainer Tanah Air untuk melahirkan karya-karya yang lebih hebat.

---

SEBERAPA lekat nama Saniharto di jagat mebel? Jawabannya bisa dibuktikan sendiri. Menginaplah di hotel-hotel mewah bintang lima atau tujuh. Baik di dalam maupun luar negeri.

"Buka saja lacinya nanti ada plakat nama Saniharto seperti ini," kata Harsono Enggalhardjo, president director PT Saniharto Enggalhardjo. Ia membuka satu lemari mewah yang terpajang di salah satu ruangan. Harian Disway mendapat kesempatan berkeliling di pabriknya pada Jumat, 3 Maret 2023.

Areal pabrik itu seluas 7 hektare. Kami mengelilinginya tentu tak jalan kaki. Sudah tersedia puluhan sepeda di sana. Kami mengayuhnya pelan-pelan, berhenti di setiap ruang produksi maupun gudang.


KESIBUKAN PEKERJA di areal produksi pabrik PT Saniharto Enggalhardjo., Kecamatan Sayung, Demak. -Foto: Mohamad Nur Khotib-Harian Disway-

Bagi orang awam, aktivitas para pekerja di tiap petak bakal terlihat sama. Sibuk mengutak-atik berbagai macam bentuk kayu. Mereka lihai menggunakan mesin. Ada juga yang berkutat dengan besi.

Pekerjaan mereka dibedakan berdasar gender. Para lelaki mendominasi ruang produksi. "Yang perempuan dan ibu-ibu lebih banyak di finishing. Misalnya mengampelas atau mengecat," tandas Harsono.

BACA JUGA:Saniharto Enggalhardjo, Perusahaan Mebel Papan Atas Asal Demak (1) : Ogah Ganti Merek Meski Mendunia

Yang mencolok adalah sejumlah ruang khusus display produk. Di sana berjejer rapi produk jadi. Nilai jualnya pun mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Memang mahal. Sebab, produk-produk itu dibuat atas permintaan khusus pelanggan. Harsono memamerkan meja TV. Warnanya hitam mengkilap. Di bagian depan dan sisi kanan kirinya berhias lukisan kolosal. Terbuat dari ukiran dengan detail yang amat tinggi. Rata-rata mebel itu bahkan lebih pantas disebut karya seni.


MEJA TV berhias lukisan seni ukir kayu garapan Saniharto Enggalhardjo dipajang di area pabrik. -Foto: Mohamad Nur Khotib-Harian Disway-

Produk mebel Saniharto yang otentik nan unik itu memang mencerminkan betapa dekat para pendirinya dengan kesenian. Inovasinya pun sangat bermacam-macam. 

Bahkan pernah suatu kali ada pesanan mebel dari salah satu hotel luar negeri. Membutuhkan hasil yang sangat halus. Saking halusnya, produksi pertama pun ditolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: