Pemkot Pasuruan dan Baznas Kota Pasuruan Salurkan Ribuan Paket Beras untuk Masyarakat Miskin

Pemkot Pasuruan dan Baznas Kota Pasuruan Salurkan Ribuan Paket Beras untuk Masyarakat Miskin

WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di acara penyaluran bantuan dari Baznas Kota Pasuruan. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota PASURUAN menyalurkan ribuan paket beras untuk masyarakat miskin di Kota PASURUAN. Penyaluran bansos tersebut merupakan kegiatan rutin menjelang Ramadan. 

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan, masih ada ribuan KK di Kota Pasuruan yang masuk kategori miskin ekstrem

”Kemiskinan ekstrem di Kota Pasuruan mencapai 4.011 KK. Ini perlu perhatian kita bersama. Mari, nanti kita bagi dan koordinasikan. Sehingga penerima bantuan tidak mendapatkan dobel. Untuk itu, lembaga dan pemerintah harus saling koordinasi,” ujar Gus Ipul, Jumat, 17 Maret 2023, di kantor Kecamatan Panggungrejo. 

Sebanyak 510 orang menerima bantuan sembako dari Baznas Kota Pasuruan. Juga, ada bantuan beasiswa untuk satu orang. Kemudian, bantuan peralatan potong rambut 1 orang dan bantuan BPJS Ketenagakerjaan bagi marbot masjid 101 orang.

Menurut Gus Ipul, sinergisitas perlu dilakukan dalam pemberian bantuan. Sebab, kebutuhan dari para penerima manfaat tentu berbeda.

”Misalnya, untuk para usia produktif. Jika mengganggur, mereka membutuhkan pekerjaan, dan kita yang akan bantu untuk mencarikan. Kemudian, jika orang tersebut lansia, yang diperlukan bantuan tunai. Jika anak sekolah, yang diperlukan beasiswa sekolah. Tentu berbeda setiap kebutuhannya. Untuk itu, sangat perlu koordinasi. Data juga harus jelas,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa memang perlu untuk koordinasi dengan pihak-pihak lain, terutama Baznas, terkait penuntasan kemiskinan di Kota Pasuruan.

”Ini adalah kerja bersama. Karena target pemerintah pusat untuk kemiskinan ini sangatlah tinggi. Kita harapkan Kota Pasuruan dapat terdepan mengatasi kemiskinan ekstrem ini,” ungkap Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pasuruan Khalim mengatakan, penyaluran bantuan sembako itu merupakan kegiatan tahunan Baznas sebelum Ramadan.

”Ini memang program kita setiap tahun sebelum Ramadan. Nanti bulan Ramadan kita juga akan bagikan 3.000-an sembako,” imbuh khalim. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: