Apa Jadinya Liga Inggris Tanpa VAR: Manchester United Turun Dua Peringkat, Arsenal Tetap di Puncak

Apa Jadinya Liga Inggris Tanpa VAR: Manchester United Turun Dua Peringkat, Arsenal Tetap di Puncak

VAR pertama kali digunakan di Inggris pada 2019 dan menentukan kemenangan Man City saat melawan Westham United.-Premier League-

HARIAN DISWAY - Penggunaan teknologi Asisten Wasit Video (VAR) digunakan kali pertama di Amerika pada 2016. Teknologi itu diadopsi Piala Dunia FIFA 2022 dan digunakan di Liga Inggris pada 2019. Meski masih ada keputusan VAR yang kontroversial, keadilan di sepak bola dirasa lebih terjamin.

Ketua Komite Wasit Inggris Howard Webb mengadakan rapat darurat pada Februari 2023. Ia mengajak semua wasit untuk mengevaluasi kesalahan perangkat pertandingan, termasuk wasit di ruangan VAR.

Ada 87 keputusan wasit yang berubah gara-gara VAR. Mayoritas sangat membantu dan dinilai fair. Namun ada juga yang dinilai kontroversial.

Misalnya di laga Chelsea vs West Ham September 2022. Wasit di ruangan VAR menganulir gol Maxwel Cornet di menit akhir yang merugikan West Ham. Gol dianulir karena wasit VAR mengannap  Jared Bowen melakukan pelanggaran ke kiper Chelsea Edouard Mendy.

BACA JUGA: Jadwal Lengkap Kualifikasi Euro 2024 yang Dimulai Besok, Jadi Tontonan Saat Sahur

BACA JUGA:Daftar 10 Bintang Sepak yang Tetap Puasa saat Tanding, ada Benzema dan Mohamed Salah

Padahal saat itu bola dalam kondisi 50-50. Akibatnya, Chelsea bisa mengamankan kemenangan 2-1.

Studi yang dilakukan oleh The Sun mengungkapkan dampaknya pada klasemen Liga Inggris musim 2022/2023. Apa jadinya jika VAR tidak digunakan?

Hasil studi menunjukkan bahwa hanya tujuh tim yang akan berada di posisi yang sama dalam klasemen andai VAR tidak digunakan.

Arsenal masih memimpin klasemen, diikuti oleh Manchester City di peringkat dua. Lima tim lainnya termasuk empat tim terbawah dan Aston Villa di posisi 11.

Lebih lanjut, studi ini menunjukkan bahwa jika VAR tidak digunakan, Manchester United tidak akan berada di zona empat besar. Mereka bakal turun ke posisi 5.


Klasemen Liga Inggris 2022/2023 tanpa VAR.-The Sun-

Berikut hasil penelusuran The Sun terkait keputusan VAR:

  • Jumlah keputusan wasit yang diubah: 84
  • Jumlah gol yang dianulir: 35
  • Jumlah gol yang disahkan: 10
  • Jumlah penalti yang diberikan: 20 (11 berbuah gol, 9 gagal)
  • Jumlah penalti yang dianulir: 9
  • Jumlah penalti yang diulang karena: 1
  • Jumlah kartu merah yang diberikan: 6
  • Jumlah kartu merah yang dibatalkan: 3
  • Jumlah pelanggaran berbuah kartu merah yang dibatalkan: 1

Akan menarik jika teknolgi VAR juga diterpkan di sepak bola Indonesia. Menurut anda, siapa klub yang paling banyak dirugikan keputusan wasit? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the sun