Proyek Flyover Aloha, Tutup Pintu Perlintasan Kereta Api, Usai Lebaran

Proyek Flyover Aloha, Tutup Pintu Perlintasan Kereta Api, Usai Lebaran

Rekayasa lalu lintas disiapkan di kawasan Aloha dengan mengarahkan arus lalu lintas dari arah Juanda ke frontage road arah Sidoarjo. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Ada pengalhan arus di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo sisi selatan. Pekerja proyek Flupver Aloha tengah melakukan pengeboran tiang pancang, Jumat 24 maret 2023.

 

Maka, setiap pengendara yang dari Jalan Raya Juanda hendak menuju ke bundaran Aloha, dan ke Surabaya diarahkan ke frontage road. Naik dahulu ke jalur beton, sepanjang 300 meter. Barulah dapat kembali lagi ke jalur utama: 20 meter sebelum perlintasan kereta api.

 

Sedangkan, pengendara yang hendak ke arah Sidoarjo, dapat melanjutkan perjalanannya dengan mengambil jalur forntage road Gedangan-Buduran.

BACA JUGA:Catatan Juri Surabaya Tourism Awards Usai Cicipi Kuliner di 49 SWK

Jumat pagi, pukul 09.00 wib, pengalihan arus lalu lintas itu dimulai. Tidak terlihat adanya kepadatan kendaraan atas pengalihan arus lalu lintas itu. Sejumlah petugas proyek terjun mengatur arus lalu lintas di sana.

 


Arus lalu lintas dari Juanda di kawasan Aloha. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

 

Seiring dengan pengalihan arus itu, pekerja dengan alat berat di area proyek jemabatan layang tersebut, sibuk menyipakan lahan. Mesin pengeruk digerakkan pekerja di sisi selatan taman monumen pesawat. Menggali tanah untuk ditancapkan tiang pancang yang belum digarap.

 

Di sisi lain, pekerja disibukkan melakukan pengecoran pile cap atau kaki tiang pancang di area bundaran Aloha. "Ini terus dikebut pengerjaan tiang pancangnya. Sampai tuntas 267 titik tiang pancang. Itu termasuk secara berangsur proses pengecorannya sampai naik ke ujung tiang itu," ujar manajer konstruksi Muhammad Sadikin, Jumat, 24 Maret 2023.

BACA JUGA: Program Kadin Jatim Teruji Tingkatkan UMKM

BACA JUGA:Rekayasa Lalu Lintas di Aloha urung Dilakukan


Pemasangan tiang pancang flyover Aloha, Sidoarjo. -Foto: Andika Bagus Priambodo, Grafis: Nathania Christiyanto - Harian Disway-

Terkait penutupan total Jalan Raya Juanda, Sadikin mengatakan, belum dilakukan dahulu. Itu, sambil menunggu pengeboran lahan, untuk tiang pancang di sisi selatan taman monumen pesawat, selesai dikerjakan.

 

"Sekarang masih fokus mengerjakan area tiang pancang P1-B sampai P4-B dulu. Sekitar 45 tiang pancang akan ditancapkan di sini. Nanti, jika sudah menuju ke P5-B, belakang bangunan pos KA itu, baru perlu ada penutupan jalan," ujar Sadikin.

 

"Kira-kira habis lebaran, penutupan jalan diberlakukan di pintu perlintasan kereta api. Nah, sekarang arus kendaraan cukup dialihkan dulu," tambah Sadikin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: