Menengok Bazar Kampung Ramadan Sidoarjo

Menengok Bazar Kampung Ramadan Sidoarjo

Suasana di Pintu Masuk Kampung Ramadhan Sidoarjo, Jumat (31/03/2023)-Syahrul Rozak Yahya-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Bazar Ramadhan kembali digelar di Alun-Alun Sidoarjo. Bazar yang diselenggarakan oleh Pemkab Sidoarjo itu berisi 146 gerai, 18 di antaranya adalah milik Fatayat NU dari berbagai kecamatan.

 

Dalam agenda ini, panitia bekerja sama dengan Fatayat NU dan Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor. Mereka menghubungi pusat cabang Sidoarjo kemudian informasi tersebut akan disebarkan ke tiap kecamatan.

 

Tujuan mereka melibatkan Fatayat NU tentunya untuk mempromosikan serta memasarkan produk andalan yang dimiliki oleh tiap kecamatan. Produk yang dijual seperti olahan makanan dan minuman khas, kekinian, hingga barang hasil prakarya mereka. 

 

"Barang-barang yang kami jual adalah hasil dari anggota kami. Yang paling khas disini ada kupang asli dari Balong Gambus, UMKM desa. Selain itu kami juga jual dessert kekinian, mille crepes, keripik, es coklat, dan ada burger  juga," jelas Abdul Mufid, PAC Ansor Kecamatan Candi. 


Abdul Mufid anggota PAC Ansor Candi menata makanan yang dijual di Kampung Ramadhan Sidoarjo, Jumat (31/03/2023) -Syahrul Rozak Yahya-

 

Pria dengan jas hijau itu menjelaskan bahwa keuntungan dari bazar ini akan dibagi, beberapa masuk kas Fatayat NU dan sisanya diberikan kepada pembuat barang dagangan. 

 

Berbeda dengan PAC Kecamatan Sukodono yang akan memberikan seluruh keuntungannya kepada para pembuat barang dagangan. 

 

"Kita sudah membuat kesepakatan dengan teman-teman yang ada di tingkat ranting atau desa bahwa seluruh keuntungan bazar ini akan kembali ke pengrajinnya," ujar Anita Hidayati, anggota Fatayat NU Kecamatan Sukodono.

 

Diamenjelaskan bahwa tahun lalu mereka sempat membagi keuntungan, namun nilainya dianggap lebih kecil dan merugikan si pengrajin. Adanya bazar ini dijadikan sebagai wadah untuk memfasilitasi UMKM yang ada di sana. 

 

Gerai yang dihiasi oleh hiasan bunga sintetis merambat itu menjual minuman herbal, kue tradisional dan tas rajut hasil karya anggota Fatayat NU Kecamatan Sukodono. 


Gerai UMKM PAC Fatayat dan PAC GP Anshor kecamatan Sukodono di acara Kampung Ramadhan Sidoarjo, Jumat(31/03/2023) -Syahrul Rozak Yahya-

 

Diadakannya kolaborasi ini, mereka berharap agar UMKM di kecamatan mereka dapat dikenal dan mendapat perhatian dari masyarakat luas. UMKM ini juga diharapkan dapat menjadi lapangan hasil pendapatan bagi tiap kecamatan yang ada di Sidoarjo.

 

Tahun ini merupakan tahun kedua Bazar Kampung Ramadhan menggandeng Fatayat NU PAC GP Ansor untuk berkolaborasi. Meski hujan tetap mengguyur, orang-orang tetap ramai berdatangan. Bazar Kampung Ramadhan ini berlangsung hingga tanggal 16 April 2023. (Zahronia Firdaus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: