‘Luke Skywalker’ Umumkan Peringatan Serangan Udara ke Ukraina

‘Luke Skywalker’ Umumkan Peringatan Serangan Udara ke Ukraina

SUARA JEDI: Mark Hamill pemeran Luke Skywalker meminjamkan suaranya sebagai peringatan dini serangan udara Rusia bagi warga Ukraina-Sky News-

 

Perhatian! Peringatan serangan udara! Segera bergerak menuju shelter terdekat. Jangan gegabah, terlalu percaya diri adalah kelemahan anda!

DISWAY.ID—Demikianlah suara dari tokoh ikonik Luke Skywalker dalam serial Star Wars menggema dari ponsel-ponsel gengam warga Ukraina yang setiap harinya dicekam ketakutan akan serangan udara, misil dan drone dari Rusia

Suara tersebut memang direkam langsung oleh aktor pemeran Luke Mark Hamill dan dipasangkan pada aplikasi peringatan dini serangan udara yang terinstal di ponsel. 

Aplikasi tersebut tersambung dengan sistem pertahanan udara militer Ukraina yang setiap saat memantau langit dari bahaya. 

BACA JUGA:Jadi Medan Perang Sengit, Kota Bucha di Ukraina Jadi Simbol Keadilan

Dikutip dari associated press (AP) Minggu (2/4/2023), Hamill mengatakan keputusannya ‘meminjamkan’ suara pada Ukraina karena terinspirasi dengan ketangguhan warga Ukraina dalam menghadapi serangan militer Rusia. 

Hamill menuturkan pada AP bahwa dirinya sempat berbincang dengan presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Dalam obrolan tersebut, Zelenskyy mengumpamakan Rusia sebagai ‘Imperium Jahat’ yang mengingatkannya pada pertempuran antara Galactic Empire dan Republic dalam film-film Star Wars.

Pengembang aplikasi peringatan dini serangan udara Ajax System mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja membuat alarm peringatan dini sejak hari-hari pertama pecahnya pertempuran. Kini mereka memiliki banyak versi suara peringatan dini. Termasuk suara Mark Hamill. 

Saat serangan udara dinyatakan telah lewat, suara Mark Hamill akan kembali bergema: “Perhatian! Peringatan serangan udara telah selesai. Semoga The Force selalu bersamamu!”(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: