330 Babinsa Beradu Pengabdian

330 Babinsa Beradu Pengabdian

Wa Aster Kodam V/Brawijaya Letkol TNI La Ode M Nurdin dan Direktur Utama Harian Disway Tomy C Gutomo berdialog sebelum memimpin technical meeting.-Tira Mada-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Babinsa (bintara pembina desa) selama ini sudah ada di tengah masyarakat. Di setiap desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Tugas mereka selain menjaga keamanan juga menjadi ujung tombak pelaksanaan program pemerintah. Mereka siap perintah. Tanpa bantah.

Saat Indonesia kekurangan petugas penyuluh lapangan di bidang pertanian, kementan langsung menggandeng TNI AD dan menggerakkan babinsa sebagai PPL. Termasuk saat ada gerakan pemerintah sergap (serap gabah petani). Lagi-lagi, Babinsa menjadi ujung tombak.

Tidak hanya di bidang pertanian. Babinsa juga masuk ke segala sendi kehidupan masyarakat. Ibaratnya dalam tugas, mereka membaur dengan masyarakat setempat.  Di Jawa Timur, jumlah babinsa lebih dari 2.000 personel. Mereka mengabdi di wilayah tugas masing-masing. Dengan menyesuaikan situasi setempat.

Harian Disway bersama Kodam V/Brawijaya tengah menggelar lomba Babinsa Inspiratif. Kamis, 6 April 2023, mekanisme lomba dipaparkan di ruang rapat Staf Teritorial. Dihadiri perwakilan kodim yang berdekatan dengan Surabaya dan diikuti melalui zoom oleh perwakilan kodim se Jawa Timur.


Perwakilan kodim jajaran Kodam V/Brawijaya yang mengikuti technical meeting melalui zoom.-Tira Mada-

Wakil Aster Letkol inf La Ode M Nurdin, S.Sos.,M.I.Pol menjelaskan, sebenarnya apa yang sedang dilombakan oleh Harian Disway adalah tugas sehari-hari para Babinsa. “Tapi untuk semakin memacu semangat pada Babinsa dalam pengabdian, Harian Disway menggelar lomba ini,” terang La Ode yang pernah menjabat sebagai Dandim 0824/Jember ini.

Tomy C Gutomo, Direktur Utama Harian Disway menambahkan, ada sepuluh kriteria yang akan dilombakan. Kategori Aksi Sosial, Ketahanan Pangan, Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Peduli Pendidikan, Olahraga, Pemberdayaan Pemuda, Toleransi Antarumat Beragama, Peduli Lingkungan, dan  Pelestarian Budaya. “Ini seperti yang diinginkan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dalam pertemuan dengan Founder Harian Disway, Dahlan Iskan. Pangdam ingin sosok Babinsa ini ditonjolkan dalam publikasi,” terang Tomy.


Panitia dari Harian Disway berfoto bersama dengan Wakil Aster Kodam V/Brawijaya Letkol La Ode M Nurdin (depan, empat dari kiri).-Tira Mada-

Ditambahkan pula, Pangdam malah ingin dalam pemberitaan dan platform sosial media Kodam V/Brawijaya, lebih sering menampilkan sosok bintara ini daripada kegiatan pimpinan. “Keinginan inilah yang kemudian kami jadikan acuan lomba ini. Kami akan melibatkan unsur akademisi dalam tim juri untuk menjaga netralitas penilaian. Pihak Kodam hanya membantu proses penilaian di lapangan,” papar Tomy.

Untuk langkah awal, setiap Kodim akan melakukan seleksi internal untuk menyaring menjadi 10 peserta untuk 10 kategori. “Total yang akan masuk seleksi kami sejumlah 330 personel sesuai dengan jumlah 33 kodim jajaran Kodam V/Brawijaya. Dari sana, kami akan seleksi lagi menjadi 50 finalis untuk 10 kategori. Masing-masing kategori ada lima finalis yang akan kami nilai di lapangan langsung,” tandas Tomy. 

Rencananya, pengumuman dan penyerahan hadia untuk para pemenang akan dilakukan awal Juni 2023. “Dalam moment Hari Lahir Pancasila,” tutup Tomy. (Noor Arief)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: