GSJA Satelit Elohim Rayakan Jumat Agung: The Power of Love

GSJA Satelit Elohim Rayakan Jumat Agung: The Power of Love

Jemaat bernyanyi mengagungkan Tuhan di Gereja Satelit Elohim, Gresik, Jumat, 7 April 2023.-Haikal Ismail-

GRESIK, HARIAN DISWAY- Masuk rangkaian Tri Hari Suci, tepat pada hari ini Jumat, 7 April, semua umat kristiani merayakan Jumat Agung. Termasuk GSJA Satelit Elohim di Ruko Sentra Land D 71, Driyorejo, Gresik. Ibadah pun berlangsung pada pukul 07.30 WIB.

Walau ibadah dilakukan cukup pagi, namun antusias jemaat tidak terkalahkan. Mulai dari anak-anak hingga lansia pun berbondong-bondong datang.

Saat berlangsungnya ibadah, pembatasan juga tidak lagi tampak dalam prosesi ibadah. Tetapi sebagian besar jemaat masih ada yang menggunakan masker dan ada yang sudah melepasnya. 

Sementara itu, suasana khidmat juga tampak terlihat saat berjalannya prosesi sakramen perjamuan kudus. Dalam prosesi yang sakral itu, kita diajak untuk mengenang pengorbanan nyawa yang telah Yesus beri di atas kayu salib. 

Perjamuan kudus dilambangkan dengan roti yang diumpamakan sebagai tubuh Yesus, sedangkan anggur diumpamakan sebagai darah Yesus. Maka tidak heran jika dalam prosesi itu semua jemaat, petugas perjamuan kudus bahkan pendeta sangat menghormatinya. 

Tema Jumat Agung saat ini yaitu The Power of Love disampaikan oleh Pendeta Melvin M.S Tambun. Dalam firman-Nya, ia mengatakan bahwa kasih Tuhan terhadap manusia sangat besar dan tiada duanya. Kekuatan cinta itulah yang membuat Tuhan rela berkorban untuk umat yang dicintaiNya.

Saat penyampaian firman tersebut, tidak lupa ia menampilkan sedikit cuplikan penyiksaan Tuhan Yesus saat menuju penyaliban-Nya. Tidak heran jika banyak dari jemaat GSJA meneteskan air mata. Semua terbawa suasana.

Ini tak lepas dari upaya keras para pemuda gereja menyiapkan peribadatan tersebut. “Persiapan Jumat Agung dimulai dari 2 minggu lalu yang diawali dengan dekor menjelang paskah,” ujar Reytista atau rere selaku perwakilan Pemuda GSJA Elohim. Pendekoran mereka maksimalkan untuk paskah 2023 ini. 

Persiapan rangkaian paskah itu tentunya selain persiapan acara yaitu persiapan fisik, mental dan rohani. Lantaran keberhasilan itu hanya milik Tuhan sehingga apapun kegiatan sudah lebih baiknya diserahkan kepada Tuhan.

Selain itu, tim acara juga harus bekerjasama bersama tim editor, PAW (Praise and Worship). Kerjasama tim yang mereka lakukan terbukti menghasilkan penampilan yang baik. Para jemaat pun sangat menikmati prosesi berjalannya Jumat Agung tanpa adanya gangguan.

Setelah perayaan Jumat Agung para jemaat GSJA Elohim juga tidak lupa mempersiapkan diri dengan penuh sukacita untuk menyambut paskah yang akan berlangsung di hari Minggu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: